Cara Cek NPWP, Cara Tepat Hindari Penipuan!

  • Whatsapp

Setelah membuat NPWP, anda dapat menggunakannya selama seumur hidup. Karena kartu NPWP tidak memiliki masa kadaluarsa seperti kartu pada umumnya. Namun ada hal-hal tertentu yang dapat menyebabkan kartu NPWP dinonaktifkan atau dihapus. Untuk itu, mengetahui cara cek NPWP adalah hal yang penting. Jadi, periksaan berkala dapat dilakukan agar NPWP tidak nonaktif saat digunakan.

NPWP umumnya digunakan untuk usaha ataupun pembayaran pajak wajib. Untuk usaha, NPWP dibutuhkan untuk mengetahui apakah pihak lain benar-benar aktif membayar pajak. Hal ini berguna untuk mencegah penipuan. Lantas, bagaimana cara cek status NPWP? Apakah banyak cara yang tersedia untuk dilakukan? Berbagai opsi akan disampaikan pada bagian berikutnya.

Bagaimana Cara Cek NPWP Aktif dan Non Aktif?bagaimana cara cek npwp aktif dan non aktif

Untuk mengetahui bagaimana cara cek NPWP pada kesempatan ini akan disampaikan beberapa opsi yang dapat dilakukan. Anda dapat memilih, cara mana yang termudah seperti ulasan berikut ini,

  1. Cek NPWP Online via Website

Pilihan paling mudah untuk dapat mengecek NPWP adalah melalui website. Website yang dimaksud berbeda dengan pengaduan. Karena website yang dimaksud adalah www.pajak.go.id. Dalam menggunakannya, cukup masukkan nomor NPWP dan cek nama NPWP. Jika nama yang muncul adalah nama anda, maka NPWP masih aktif.

 

  1. Cek NPWP dengan SSEREG

Ada cara lain yang dapat dimanfaatkan untuk mengetahui apakah NPWP masih aktif. Cara yang dimaksud adalah memanfaatkan wesbite ssereg.pajak.go.id. Penggunaannya mudah, anda hanya perlu memasukkan nomor NPWP dan mendapatkan keterangan. Namun dalam penggunaan cek NPWP online, sediakan koneksi internet yang baik, agar proses berjalan lancar.

 

  1. Menghubungi Email

Alternatif lain yang dapat digunakan adalah menghubungi melalui email. Anda dapat menghubungi email kantor di pengaduan.pajak.go.id. Pada bagian badan email, sampaikan apakah tujuan pengiriman email. Namun bersabarlah sejenak, karena jawaban email tidak secepat cara lainnya. Karena petugas harus mensortir pesan dari berbagai konsumen.

 

  1. Kring Pajak

Bosan menanti balasan email? Anda dapat mengambil langkah berbeda dengan menghubungi call center. Call center kantor pajak dikenal dengan Kring Pajak yang dapat dihubungi di nomor 1500200 lengkap dengan kode area. Tidak hanya menanyakan aktif tidaknya kartu, layanan ini dapat dimanfaatkan untuk cara cek tagihan NPWP yang harus dibayarkan.

 

  1. Mendatangi Kantor

KPP adalah solusi terbaik untuk anda yang kebingungan dengan aktif tidaknya kartu NPWP. Anda dapat mendatangi KPP terdekat dan menanyakan status NPWP. Setiap wajib pajak akan dibantu oleh orang-orang terlatih untuk memberikan penjelasan yang dibutuhkan. Karenanya di sini, dapat ditanyakan pula cara membuat NPWP perusahaan ataupun hal lainnya.

 

  1. Cek NPWP APK: DJP

Opsi lainnya adalah memanfaatkan aplikasi untuk mengecek NPWP. Aplikasi yang dimaksud adalah aplikasi Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Aplikasi DPJ dapat digunakan setelah mendownloadnya melalui play store. Kemudian melakukan login, dengan memasukkan akun yang sama saat pendaftaran. Setelah masuk nantinya akan nampak identitas dan NPWP di tampilan.

 

  1. Faksimile

Terakhir, manfaatkanlah faksimile sebagai metode cek status NPWP. Walaupun tergolong jadul, cara ini menarik untuk dilakukan. Karena cek nomor NPWP berdasarkan nomor KTP dapat dilakukan dengan faksimile. Namun jawaban yang diberikan cukup panjang, anda harus menunggu selama dua hingga lima hari untuk mendapatkannya.

Baca juga : Inilah Syarat Membuat NPWP, Wajib Anda Perhatikan!

Pentingnya Cara Cek NPWP Orang Lain

Bagi kebanyakan orang rasanya tidak penting mengecek npwp milik orang lain. Namun dalam menjalankan usaha, hal ini penting dilakukan. Karena melalui cek NPWP perusahaan lain, dapat diketahui apakah rekanan memiliki identitas legal di mata hukum. Artinya, anda dapat terhindar dari perusahaan-perusahaan yang merugikan seperti perusahaan bodong.

Namun anda tetap harus berhati-hati dalam cara mengecek NPWP asli atau palsu. Karena saat ini banyak oknum yang memanfaatkan kesempatan untuk kepentingan pribadi. Jika benar-benar dibutuhkan, sebaiknya hubungi KPP secara langsung. Jadi, pengecekan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan kebenarannya dapat diketahui dalam waktu singkat.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Kembali NPWP?

Apakah hasil dari cara mengecek NPWP di atas? Jika hasil yang didapat aktif, maka tidak ada kendala. Lain halnya untuk anda yang mengetahui bahwa NPWP telah dinonaktifkan, apa yang harus dilakukan? Solusinya adalah mendatangi KPP dan mengisikan formulir permohonan aktivasi NPWP. Namun opsi ini dikhususkan untuk NPWP yang dinonaktifkan.

Lantas, bagaimana dengan NPWP yang dihapuskan? Bila harus dihapuskan, maka opsi yang harus dilakukan adalah memebuat permohonan baru. Artinya, anda harus mengisikan formulir pendaftaran NPWP seperti permohonan awal. Kemudian melengkapi seluruh persyaratan yang diwajibkan, untuk pembuatan NPWP baru.

Mengapa NPWP Dinonaktifkan?mengapa npwp dinonaktifkan

Tentunya anda penasaran mengapa NPWP harus dinonaktifkan atau dihapuskan. Beberapa alasan DJP melakukan hal tersebut, akan disampaikan dibawah ini,

  1. Tidak Lagi Menjalankan Usaha

Setelah menjalankan cara mengecek NPWP aktif atau tidak dilakukan, akan didapatkan hasil. Jika hasil yang didapat adalah non aktif maka terdapat alasan tertentu yang menyebabkannya. Salah satunya, karena usaha anda tidak lagi berjalan. Artinya pemilik usaha tidak perlu menyampaikan SPT yang rutin dilakukan sebelumnya.

 

  1. Pindah Ke Luar Negeri

Jika anda berencana pindah ke luar negeri atau diharuskan tinggal di luar negeri selama 183 hari atau lebih maka cek NPWP pribadi dan nonaktifkan. Hal ini akan membantu untuk mencegah penarikan pajak yang dilakukan seperti sebelumnya. Serta membantu pemerintah untuk menghemat sumber daya yang harus melakukan pengawasan rutin.

 

  1. Penghasilan di Bawah PTKP

Hal lain yang dapat menyebabkan NPWP dihapuskan atau dinonaktifkan adalah penghasilan yang dimiliki dibawah PTKP. Adanya laporan bahwa penghasilan telah dibawah PTKP akan membuat anda terbebas dari biaya wajib pajak setiap bulannya. Namun hal ini hanya dapat dilakukan setelah cara mengecek NPWP aktif dilakukan dan DJP menyatakannya sah.

 

  1. Mengajukan Permohonan

NPWP juga akan dinonaktifkan jika anda tengah mengajukan permohonan penghapusan. Permohonan penghapusan dapat dilakukan, jika tidak lagi membutuhkan NPWP. Namun karena prosesnya cukup lama, NPWP akan dinonaktifkan sementara. Bila tidak yakin, cara cek NPWP aktif atau tidak yang sebelumnya disampaikan dapat diterapkan untuk mengetahuinya.

 

  1. Bagaimana dengan Kartu NPWP Hilang?

Banyak yang berpandangan bahwa saat kartu NPWP hilang, maka NPWP tidak lagi aktif. Untuk mengetahui kebenarannya, gunakan cara cek NPWP masih aktif atau tidak di atas. Karena selama tidak dinonaktifkan atau dihapus, maka NPWP masih aktif. Anda hanya perlu meminta pencetakan ulang kartu di KPP dan kartu akan kembali seperti awal pembuatan.

Setelah mengetahui cara cek NPWP, kini anda perlu menentukan cara mana yang akan dijadikan pilihan. Karena tidak mungkin untuk menjalankan seluruhnya secara bersamaan. Namun jika membutuhkan jawaban dalam waktu singkat, maka mengecek NPWP melalui website dan aplikasi dapat dijadikan pilihan. Utamanya, untuk anda yang penasaran dengan NPWP perusahaan lain yang menjadi rekanan.

Pos terkait