Tujuan Karir Adalah, Jawab Pertanyaan HRD dengan Tepat!

  • Whatsapp

Setelah lulus kuliah pilihan utama melanjutkan hidup adalah melamar pekerjaan. Namun melamar pekerjaan tidaklah mudah, ada banyak tahapan yang harus dilalui. Salah satunya tahapan wawancara yang akan mempertemukan pelamar dengan utusan perusahaan. Dalam wawancara inilah kerap ditanyakan apakah tujuan karir? Jawaban tujuan karir adalah perlu disesuaikan dengan kemampuan dan keinginan selama bekerja di perusahaan.

Terkadang dalam menjawab hal ini, pelamar dibuat kesulitan untuk menemukan tujuan karirnya. Akhirnya, jawaban yang disampaikan adalah jawaban yang mengada-ada, berbelit-belit dan bohong. Jika hal ini diketahui oleh perusahaan, maka jangan berharap dapat diterima. Lantas, apakah jawaban apa tujuan karir anda? Kulik mendalam dan temukan jawaban yang tepat di sini.

Apa Pengertian Tujuan Karir?apa pengertian tujuan karir

Tujuan seseorang adalah posisi tertentu yang dapat dicapai pegawai bila memenuhi semua kualifikasi yang dibutuhkan. Namun dalam mencapainya, ada hal-hal yang dapat menganggu terpenuhinya tujuan karir. Salah satunya tidak adanya lowongan yang sesuai atau tidak adanya kandidat lain yang memiliki kualitas sama. Hal inilah yang dapat membatasi kemajuan karir seorang individu.

Namun apakah makna pertanyaan tujuan karir dari perusahaan? Tujuan perusahaan mempertanyakannya adalah mengetahui apakah rencana pelamar ke depannya. Perusahaan membutuhkan pegawai yang potensial dan bertahan dengan perusahaan. Artinya, jika pertanyaan ini muncul, jawablah dengan pernyataan yang berkaitan dengan hal tersebut.

Tujuan Karir Jangka Panjang dan Pendek

Pertanyaan tentang tujuan karir tidak selesai setelah anda menjawabnya secara singkat. Jawaban kemungkinan akan digali kembali dengan menanyakan apakah tujuan jangka panjang di perusahaan. Untuk menjawabnya pastikan bahwa telah memiliki target yang jelas dan komitmen untuk perusahaan. Jawaban tujuan karir jangka panjang seperti itulah yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Tidak hanya jangka panjang, tujuan jangka pendek juga kerap ditanyakan oleh perusahaan. Untuk menjawabnya anda dapat menyampaikan bahwa ingin mendapatkan pekerjaan dan bekerja dengan komitmen. Untuk membantu menemukan contoh tujuan karir jangka pendek dan panjang yang lebih menyeluruh, sebaiknya temukan apa yang menjadi passion dalam pekerjaan.

Bagaimana Contoh Karir Obyektif Fresh Graduate?bagaimana contoh karir obyektif fresh graduate

Bagi lulusan baru menuliskan resume adalah pekerjaan yang sulit. Anda tidak boleh menuliskannya secara berlebihan dan memberikan kesan sombong. Apalagi bila belum menemukan bidang pekerjaan yang diminati dan tujuan kerja yang dimiliki. Pelamar harus menuliskannya dengan netral dan menyampaikan apa yang benar-benar dimiliki.

Dalam menuliskannya di resume bukanlah hal yang mudah. Anda harus memahami benar apa yang mejadi kelebihan dan kekurangan diri. Karena penulisan tidak boleh dilakukan secara asal ataupun berlebihan. Untuk membantu dalam penulisan, ikuti contoh dibawah ini dan buat sesuai dengan kebutuhan pekerjaan yang dilamar.

“ sebagai lulusan baru di bidang administrasi publik yang memiliki semangat besar untuk bergabung sebagai manager administrasi sebagai salah satu usaha untuk mengembangkan kemampuan dalam hal komunikasi dan diantara beberapa pihak agar pelaksanaan program administrasi dapat berjalan dengan efektif.

Baca juga : Apakah Fungsi Surat Keterangan Kerja? Benarkah Penting?

Bagaimana Cara Menjawab Apakah Tujuan Karir Anda?

Bagi yang kesulitan untuk menjawab pertanyaan tentang tujuan karir, anda dapat mempersiapkan sebelumnya dengan tips-tips dibawah ini,

  1. Orientasi

Untuk menjawab pertanyaan tujuan karir, anda harus berorientasi pada perusahaan. Pelamar harus menyesuaikan target dan pencapaian kepada perusahaan dengan jujur. Sebagai tambahan sebaiknya sesuaikan dengan apa yang ingin dicapai oleh perusahaan. Sehingga jawaban yang diberikan dapat dijadikan pertimbangan oleh perusahaan.

 

  1. Profesional

Kebanyakan pelamar menjawab pertanyaan tujuan karir dengan tujuan pribadi. Padahal, keduanya merupakan hal yang berbeda. Anda tidak boleh melakukan hal tersebut, karena tujuan berkarir adalah jawaban berbeda dengan tujuan hidup. Karenanya, jangan terpancing untuk menjawabnya dengan tujuan hidup. Namun pikirkan dengan matang apa tujuan karir yang dimiliki

 

  1. Pikirkan dengan Masak

Untuk menjawab pertanyaan tentang karir, sebaiknya pikirkan dengan matang. Anda dapat menjawabnya dengan menyampaikan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Kemudian sampaikan pencapaian karir sebelumnya. Sampaikan pula proyek apa yang dinilai menarik dan sesuai dengan kemampuan. Terakhir, sampaikan kemampuan apa yang diharapkan di masa depan

 

  1. Jangan Berlebihan

Dalam menyampaikan perencanaan karir dari pertanyaan yang disampaikan oleh pewawancara, anda tidak boleh menyampaikannya secara berlebihan. Jangan sampai menyampaikan hal-hal yang tidak penting. Sampaikanlah kualitas diri yang sebenarnya, untuk hal-hal yang tidak dimiliki, sampaikan secara singkat tanpa melebih-lebihkan.

 

  1. Jangan Sembarangan

Dalam wawancara mungkin anda kerap menjawab secara spontan pertanyaan yang diberikan. Namun untuk pertanyaan tujuan karir adalah tidak disarankan untuk melakukannya. Sebaiknya pelamar memikirkannya sejenak dan menjawabnya dengan tenang. Serta jangan pernah berpikir untuk menjawabnya secara asal, tanpa ada bayangan jawaban sebelumnya.

 

  1. Kondisi yang Dialami

Hal lainnya adalah sampaikan kondisi yang dialami saat ini. Anda perlu menjelaskan apa saja kelebihan dan masalah atau pekerjaan seperti apa yang tidak disukai. Namun nanti disertai dengan bagaimana cara menghadapi masalah-masalah tersebut. Sehingga realisasi tujuan karir dapat disampaikan kepada pihak perusahaan.

 

  1. Penutup

Terakhir, jangan sampai menjawab pertanyaan dengan melebar. Karena jika terlalu melebar, jawaban yang diberikan mungkin tidak sesuai dengan pertanyaan. Untuk itu, dibutuhkan langkah akhir yaitu jawaban tujuan karir dan ringkasan. Setidaknya sampaikan apa yang menarik dari pekerjaan yang dilamar dan sampaikan apa tujuan karir yang dimiliki.

Bagaimana Contoh Kalimat Tujuan Karir?

Masih kesulitan untuk menjawab pertanyaan tersebut? anda dapat menjawab pertanyaan tujuan karir adalah dengan mengikuti jawaban-jawaban dibawah ini,

  1. Sampaikan Kekurangan

Saat ini yang menjadi hambatan saya adalah komunikasi dan kemampuan motivasi yang dimiliki. Saya sadar bahwa kemampuan komunikasi adalah kemampuan yang harus dimiliki seorang pemimpin. Karenanya, saya berharap agar dapat belajar kedua kemampuan tersebut, sehingga di masa mendatang saya dapat meraih ambisi saya untuk memimpin industri dan bidang pekerjaan yang diminati dengan kemampuan yang lebih baik.

 

  1. Tujuan Karir dengan Belajar

Salah satu hal penting dalam hidup adalah untuk selalu belajar. Saya berharap agar dapat terus belajar hal-hal yang relevan dengan karir dan tujuan karir 5 rahun ke depan. Sehingga kemudian saya dapat menjadi pembelajar dan pemimpin yang baik. Tujuannya, agar dapat memberikan dampak yang lebih besar dalam industri yang saya jalani kini.

 

  1. Kumpulan Tujuan Karir

Perusahaan memiliki standar tersendiri untuk jawaban yang diharapkan muncul dari pelamar. Contoh jawaban tujuan karir yang dimaksud berupa keahlian dari industri yang dilamar, pengalaman relationship dengan klien, pengalaman kepemimpinan ataupun bukti bahwa pelamar dapat memberikan pelayanan yang berkualitas.

Menemukan tujuan karir dan menjawabnya pada perusahaan tidaklah mudah. Anda harus memikirkannya secara matang sehingga makna tujuan karir adalah yang diinginkan oleh perusahaan dapat terjawab. Bila diperlukan, persiapkan jawaban pertanyaan sebelum tahapan wawancara dilakukan. Sehingga jika dipertanyakan, jawaban terbaiklah yang akan diberikan pada perusahaan. Untuk informasi peluang karir terkini bisa anda akses di www.karir.com.

Pos terkait