Apakah Fungsi Surat Keterangan Kerja? Benarkah Penting?

  • Whatsapp

Di dunia tersedia banyak jenis surat yang kerap digunakan. Namun dari banyaknya surat yang tersedia, surat keterangan kerja adalah surat yang banyak dibuat. Secara umum surat ini akan menjelaskan bahwa seseorang tersebut memiliki pekerjaan dan tengah aktif bekerja. Karenanya surat keterangan yang satu ini banyak dimanfaatkan untuk hal-hal penting, sebagai jaminan. Benarkah demikian?

Walaupun dianggap penting, tidak banyak orang yang paham bagaimana cara membuat surat keterangan kerja. Karena kebanyakan surat ini dibuat oleh perusahaan, karyawan hanya perlu meminta dibuatkan oleh pihak HRD. Lantas, bagaimana jika anda harus membuatnya secara mandiri? Pahami cara membuatnya, agar surat yang dibuat dapat diterima untuk berbagai pengajuan.

Kegunaan Surat Keterangan Bekerjakegunaan surat keterangan bekerja

Kapan keterangan bekerja digunakan? Anda dapat menggunakannya untuk hal-hal tak terduga seperti yang akan disampaikan dibawah ini,

  1. Surat Keterangan Kerja Untuk Bank

Hal yang paling relevan dalam penggunaan surat keterangan kerja untuk KPR. Anda yang berencana membeli rumah dengan pinjaman bank akan disyaratkan keterangan kerja. tidak hanya KPR, keterangan kerja juga dibutuhkan untuk pengajuan kartu kredit dan lainnya. Jadi, jika akan berurusan dengan bank, disarankan menyiapkan keterangan kerja terlebih dahulu.

 

  1. Syarat Pengajuan Beasiswa

Anda berencana mengajukan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan? Ada beberapa beasiswa yang memberikan kesempatan untuk para pekerja. Jika akan mengajukannya, pemohon akan diminta melengkapi surat keterangan aktif kerja dengan waktu tertentu. Lain halnya jika pemohon tidak disyaratkan keterangan kerja, maka pendaftaran dapat dilakukan dengan mudah.

 

  1. Syarat Administrasi

Saat akan pindah pekerjaan, terdapat beberapa perusahaan yang meminta pelamarnya melengkapi syarat surat keterangan pernah kerja. Surat ini dikenal juga sebagai surat pengalaman yang didapat dari perusahaan sebelumnya. Dari surat ini, calon perusahaan dapat menilai pengalaman kerja calon pekerja dan memberikan tempat yang sesuai untuknya.

 

  1. Keterangan Kinerja

Bagi sebuah perusahaan yang mencari karyawan, kinerja calon karyawan adalah segalanya. Karenanya perusahaan membutuhkan surat keterangan kerja dari perusahaan sebelumnya. Perusahaan akan mengetahui bagaimana kinerja pelamar dan mengetahui alasan kepindahan dari kantor lama. Singkatnya, keterangan kerja digunakan untuk menilai kinerja pelamar.

 

  1. Surat Keterangan Kerja untuk Visa

Keterangan kerja bagi beberapa negara menjadi syarat utama pembuatan visa. Keterangan kerja menjadi jaminan bahwa pemohon hanya akan berekreasi di negara tujuan. Karena akan diberikan pada negara tujuan, bentuk surat ini adalah surat keterangan kerja in english. Jadi anda harus membuatnya dengan grammar yang tepat agar maksudnya dapat dipahami.

 

  1. Surat Keterangan Kerja PSBB

Di tengah pandemi, pemerintah memperketat aturan keluar masuk sebuah kota. Dalam keadaan ini, hanya sektor-sektor tertentu yang diperbolehkan bekerja. Untuk membuktikan bahwa anda bagian didalamnya maka dibutuhkan surat keterangan kerja Covid. Karyawan umumnya akan mendapatkannya, jika diharuskan melakukan tugas luar kota atau kerja di masa PSBB.

 

  1. Surat Keterangan Kerja(paklaring)

Paklaring dikenal pula sebagai surat rekomendasi pengalaman kerja. Surat ini diberikan oleh perusahaan sebelumnya sebagai rekomendasi untuk perusahaan berikutnya. Umumnya, surat keterangan kerja doc ini akan diberikan sebelum pekerja benar-benar pindah. Tujuannya, agar pekerja mendapatkan pekerjaan dengan mudah sebelum keluar dari pekerjaan sebelumnya.

Baca juga : Contoh Surat Pernyataan, Sama kah dengan Surat Perjanjian?

Apakah Template Surat Keterangan Kerja?apakah template surat keterangan kerja

Dalam membuat keterangan kerja, terdapat poin-poin wajib didalamnya. Untuk itu, poin-poin tersebut dikenal dengan template yang dapat diubah sesuai kebutuhan. Apa saja poin yang dimaksud?

  1. Kop Surat

Dalam banyak contoh surat keterangan kerja, anda akan menemukan logo dan nama perusahaan. Bagian ini dikenal sebagai kop surat yang berisikan alamat dan dilengkapi dengan nomor utama perusahaan. Bagian kop biasanya menjadi perhatian utama pembaca surat, karena dari sanalah nampak legal tidaknya sebuah surat.

 

  1. Keterangan Surat

Tidak hanya dalam surat berbahasa Indonesia, dalam contoh surat keterangan kerja english juga dimasukkan keterangan surat. Keterangan surat yang dimaksud adalah nomor dan perihal surat. Bagian ini diisikan oleh perusahaan pemberi surat sesuai nomor arsip. Bagian berikutnya adalah keterangan kapan surat dibuat dan kota pembuatannya.

 

  1. Identitas Karyawan

Bagian penting dalam sebuah surat keterangan karyawan tetap adalah identitas karyawan. Bagian ini diisikan dengan nama, alamat, tempat tanggal lahir dan nomor telepon. Dalam penulisannya tidak perlu terlalu banyak, selama dibuat dengan lengkap dan mudah dipahami maka sudah mencukupi.

 

  1. Informasi Kinerja

Poin selanjutnya adalah menuliskan kinerja anda selama bekerja di perusahaan. Bila harus menuliskannya sendiri, mintalah bantuan rekan kerja melakukannya. Tujuannya, agar isi surat tidak dilebih-lebihkan karena harus menuliskannya sendiri. Namun untuk surat keterangan kerja PNS, bagian ini tidak perlu dituliskan. Karena telah diwakilkan dengan kehadiran SK.

 

  1. Informasi Berhenti Bekerja

Berbeda dengan poin sebelumnya, poin ini merupakan bagian penting bagi anda yang akan pindah tempat kerja. Karena dari sinilah perusahaan akan mengetahui mengapa pelamar pindah bekerja. Jika poin ini terdapat dalam surat, maka surat tersebut tergolong dalam surat pernyataan pernah bekerja dan dimanfaatkan sebagai syarat administrasi melamar pekerjaan.

 

  1. Tanda Tangan Pimpinan Perusahaan

Terakhir, keterangan kerja akan ditutup dengan tanda tangan dari pimpinan perusahaan. Bagian ini biasanya dibubuhkan dengan cap basah perusahaan. Namun agar lebih meyakinkan, periksalah contoh surat keterangan bekerja yang banyak beredar. Jadi, tidak salah mengambil keputusan dan harus membuat surat kembali.

Bagaimana Contoh Surat Pernyataan Kerja?

Dalam membuat sebuah keterangan kerja, sulit rasanya tanpa adanya contoh. Untuk itu, pada kesempatan ini akan disampaikan sebuah contoh surat. Contoh ini dapat dijadikan bahan untuk membuat surat ataupun contoh surat keterangan kerja PSBB. Anda hanya perlu merubah bagian tujuan, sehingga sesuai dengan kebutuhan.

Contoh ini juga akan membantu anda untuk memahami poin-poin yang disampaikan di atas. Namun di kesempatan ini, akan disampaikan contoh surat keterangan kerja untuk KPR,

P.T Persada Utama

Jalan Nurmansyah Aidil No. 23 Jakarta Utara, DKI Jakarta

Telp. 0212532522

SURAT KETERANGAN KERJA

No. 123/SPK-DU/V/2018

 

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                    : Sorbund Armanai, M, Si

Alamat                  : Jl. Pustaka No 99

Jabatan                : Direktur Utama

Dengan ini menyatakan bahwa,

Nama                    : Rahmat Raymond

Alamat                  : Jl Prakarya No. 15

Jabatan                : Manager Marketing

Adalah benar merupakan karyawan tetap di PT Persada Utama. Yang bersangkutan telah bekerja sejak 15 Oktober 2015 hingga saat ini dan tengah menjabat sebagai Manager Marketing.

Surat keterangan ini digunakan sebagai syarat pengajuan KPR oleh saudara Rahmat Raymond, S.E.

Demikian surat keterangan ini dibuat, semoga dapat dipergunakan dengan bertanggung jawab.

Direktur Utama

Persada Utama

Sorbund Armanai

Kini tidak ada lagi alasan untuk tidak menuliskan surat keterangan kerja dengan benar. Anda cukup membuatnya sesuai dengan tujuan atau keperluan pembuatan surat. Serta mengikuti seluruh poin-poin yang tersedia, agar pesan dalam surat dapat dipahami dengan mudah. Untuk contoh surat lainnya bisa adna kunjungi di situs vncallcenter.com.

Pos terkait