Mengenal Perbedaan Kelas BPJS

  • Whatsapp

Bagi yang belum tahu, BPJS merupakan jaminan sosial kesehatan yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat Indonesia. BPJS ini sendiri masuk ke dalam kategori perusahaan BUMN. Sejak tahun 2014, BPJS telah aktif melayani kesehatan masyarakat Indonesia dengan melakukan kerja sama bersama rumah sakit maupun puskesmas setempat.

gambar perbedaan kelas bpjs
Sumber Gambar : glints.com

Hingga hari ini, BPJS telah membantu banyak masyarakat Indonesia di bidang kesehatan. Beberapa dampak positif yang didapatkan oleh warga ialah dengan mendapatkan fasilitas pengobatan dan rawat inap di seluruh wilayah tanah air. Berikut ini adalah beberapa perbedaan kelas BPJS yang perlu Anda ketahui.

Detail Perbedaan Kelas BPJS

Kelas I BPJS

Untuk kelas 1 BJPS ini memiliki beban biaya sebesar 80.000 tiap bulannya pada tahun 2019. Namun, peraturan baru yang ada saat ini menjadikan iuran BPJS kelas 1 naik menjadi 16.000 lalu kemudian dinaikkan kembali menjadi 150.000.  Biaya atau beban yang diberikan setiap bulannya berbanding lurus dengan pelayanan kesehatan yang didapatkan oleh pasien. Meskipun memiliki biaya yang cukup tinggi dibandingkan kelas BPJS lainnya akan tetapi pelayanan yang didapatkan juga sangat nyaman. Anda bisa mendapatkan ruang perawatan dengan kapasitas sebanyak 2 hingga 4 orang.

Kelas 2 BPJS

Sama halnya dengan kelas 1 BPJS, kelas 2 BPJS Kesehatan ini juga mengalami kenaikan tarif biaya perbulannya. Adapun biaya yang harus ditanggung setiap bulannya oleh pemegang kelas 2 ini yang sebelumnya hanyalah 51.000 sekarang menjadi sebesar 110.000. Bisa dibilang biaya yang dibebankan oleh pemegang BPJS kelas 2 ini lebih murah dibandingkan kelas 1.

Namun, pelayanan yang didapatkan tentu berbeda dengan pemegang BPJS kelas 1. Pelayanan yang didapatkan oleh pemegang BPJS kelas 2 ini ialah berupa ruang perawatan yang memiliki kapasitas 2 hingga 4 orang. Berbeda dengan kelas 1 BPJS, kelas 2 BPJS ini memiliki ruang perawatan yang minim privasi. Jika Anda ingin melakukan upgrade kelas dari kelas 2 BPJS menjadi kelas 1 BPJS maka akan mendapatkan fasilitas perawatan yang lebih privasi.

Kelas 3 BPJS

kelas 3 BPJS merupakan fasilitas terakhir yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan saat ini. Dibandingkan dengan dua kelas lainnya, kelas 3 BPJS adalah pelayanan kesehatan dengan tarif yang paling murah. Anda hanya perlu membayar sebesar 42.000 setiap bulannya.

Karena memiliki beban biaya yang relatif paling murah maka tentu pelayanan yang didapatkan juga berbanding lurus dengan tariff tersebut. Adapun kapasitas ruangan yang bisa didapatkan oleh pemegang BPJS kelas 3 ialah sebanyak 4 hingga 6 orang dan bisa lebih tergantung pada keadaan atau situasi rumah sakit.

Pada dasarnya perbedaan kelas 1, 2 dan 3 dari BPJS Kesehatan ini sendiri tidak akan mempengaruhi kualitas atau cara pelayanan dari pihak rumah sakit. Secara keseluruhan yang membedakan hanyalah jenis ruang perawatan yang disesuaikan dengan beban biaya yang harus dibayar setiap bulannya.

inilah perbedaan kelas bpjs
Sumber Gambar : bisnis.tempo.co

Baca Juga : Cara Bayar BPJS Via Internet Banking BNI

Pertanyaan & Jawaban

BPJS yang paling bagus ada di kelas berapa?

BPJS kelas 1 merupakan kelas yang memiliki fasilitas kesehatan yang berkriteria paling baik. Anda akan mendapatkan pelayanan dan ruangan perawatan paling tinggi dibandingkan yang lainnya.

Berapa beban biaya untuk BPJS kelas 2?

Pasien BPJS kelas 2 akan dikenai iuran bulanan sebesar 100.000 setiap bulannya.

Apakah pihak BPJS juga menanggung ruang ICU?

Setiap rumah sakit rujukan akan menyediakan pelayanan cuci darah, forensic, pengurusan jenazah, rawat inap hingga perawatan ICU.

Demikianlah informasi mengenai perbedaan kelas BPJS ini. Semoga artikel ini bisa memberi informasi yang akurat tentang biaya BPJS saat ini.

Related posts