Masalah sambungan atau Kode MMI Tidak Valid, Bisakah Diatasi

  • Whatsapp

Smartphone yang canggih akan didukung dengan fitur-fitur menarik didalamnya. Salah satu fitur yang banyak dicari dalam smartphone adalah penggunaan dual SIM. Karena dapat memudahkan pengguna yang memiliki beberapa nomor sekaligus. Namun tahukah anda, hal ini juga yang menyebabkan masalah sambungan atau kode MMI tidak valid? Mengapa demikian?

Masalah kode MMI kerap muncul saat anda akan melakukan panggilan dial up. Misalnya, saat akan melakukan pengecekan pulsa, kuota ataupun kebutuhan lainnya. Keadaan ini tidak hanya dialami oleh satu provider, namun seluruh provider yang ada. Ciri khasnya adalah pesan bahwa MMI mengalami kesalahan ataupun tidak valid. Lantas, apakah penyebab hal ini terjadi?

Kenalan dengan MMIkenalan dengan mmi

Siapa diantara anda yang tidak mengenal MMI? MMI adalah sebuah kode perintah yang dikenal dengan nama lain man machine interface. Kode ini digunakan untuk mengakses fitur-fitur tertentu di telepon. Bentuknya cukup khas, yaitu kombinasi simbol dan angka. Kode ini dibuat tidak terlalu panjang sehingga mudah dihafal oleh pengguna, misalnya kode pengecekan pulsa ataupun kuota yang tersisa.

Banyak yang menyampaikan bahwa masalah ini terjadi karena tidak ada jaringan di lingkungan sekitar. Sehingga MMI yang dikirimkan ke provider tidak dapat diterima atau dianggap salah. Namun jika jaringan baik, apakah penyebab masalah ini dapat terjadi? Rupanya, terdapat beberapa alasan yang menyebabkan kode MMI Indosat dianggap tidak valid. Apakah penyebab yang dimaksud?

Mengapa Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid Terjadi?

Pertanyaan tentang penyebab terjadinya MMI tidak valid kerap disampaikan oleh banyak orang. Namun, jawabannya tidak ditemukan dengan mudah. Ulasan mengenai penyebab MMI tidak valid, ada di sini

  1. Penyimpanan Penuh

Salah satu penyebab yang tidak banyak disadari oleh pengguna smartphone adalah penyimpanan yang penuh. Penyimpanan yang penuh dapat menganggu kinerja handphone, sehingga MMI pun tidak dapat berjalan lancar. Masalah sambungan atau kode MMI tidak berlaku ini mudah diselesaikan, namun terdapat beberapa hal lain yang dapat menyebabkan MMI tidak valid.

 

  1. Bug pada Sistem

Adakalanya handphone yang digunakan sehari-hari mengalami error atau bug. Bug yang terjadi pada handphone disebabkan oleh beragam hal. Tandanya cukup khas, misalnya handphone tidak bergerak seperti biasa (lambat atau macet). Jika hal ini terjadi, kemungkinan besar, MMI tidak dapat digunakan dan dinyatakan mengalami kesalahan.

 

  1. Kesalahan Pengaturan Jaringan

Tidak jarang MMI mengalami masalah karena adanya kesalahan pada pengaturan jaringan. Pengaturan jaringan dapat diselesaikan secara internal. Namun jika kode MMI tidak berlaku masih tetap terjadi, anda perlu mencari tahu alasan mengapa MMI dianggap salah. Karena tersedia banyak alasan yang dapat menyebabkannya.

 

  1. Kualitas Sinyal Buruk

Sebelum melakukan panggilan dial up, anda harus sadar bahwa lingkungan sekitar memiliki sinyal yang memadai atau sebaliknya. Tanpa adanya sinyal yang memadai layanan MMI tidak dapat dimanfaatkan. Dalam memeriksa jaringan atau sinyal dapat mengecekannya pada tampilan utama handphone. Bila tersedia maka, panggilan MMI dapat dilakukan.

 

  1. Kesalahan Pada Sistem

Hal lain yang dapat menyebabkan kendala pada penggunaan MMI adalah kesalahan pada sistem. Dalam hal ini berarrti kesalahan terjadi pada provider. Hal ini dapat terjadi tanpa disadari oleh berbagai pihak. Namun saat terjadi, sistem tidak dapat berguna maksimal dan merugikan pengguna. Dan cara mengatasi kode MMI atau masalah sambungan tidak valid ini cukup sulit.

 

  1. Kesalahan Dial

Apakah anda sudah yakin dengan dial atau MMI yang dimasukkan? Jangan-jangan terdapat kesalahan dalam dial yang dimasukkan. Masalah ini dapat menyebabkan MMI dianggap tidak valid sehingga tidak dapat digunakan. Karenanya, pastikan bahwa sebelum dihubungi, nomor yang diinput sudah tepat.

 

  1. Mode Tertentu

Terakhir, MMI tidak dapat digunakan jika handphone hanya menggunakan mode tertentu. Utamanya untuk anda yang menggunakan handphone dengan mode 4g LTE only. Bila mode ini yang digunakan, tidak mungkin MMI dapat digunakan. Untuk itu, pindahkan kembali mode sehingga kode MMI Telkomsel dapat kembali digunakan.

Baca juga :

Memperkuat Sinyal GPS, Bagaimana Cara Melakukannya?

Bagaimana Solusi Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid?bagaimana solusi masalah sambungan atau kode mmi tidak valid

Bila penyebab telah ditemukan, tentu diharapkan ditemukan solusi-solusi yang dapat dilakukan. Dibawah ini akan disampaikan beberapa metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikannya,

  1. Ubah Jaringan

Jika setelah diperiksa ternyata handphone berada dalam mode 4G LTE anda harus mengubahnya. Karena layanan MMI hanya dapat dimanfaatkan oleh jaringan 2G dan 3G. Caranya mudah yaitu dengan mengubah pengaturan atau memasukkan MMI tertentu. Untuk setiap provider memiliki kode tersendiri, karenanya anda perlu menyesuaikannya.

 

  1. Nonaktfikan Kartu

Hal lain yang dapat dilakukan adalah menonaktifkan kartu sementara. Cara ini merupakan cara tepat jika kode MMI tidak berlaku disebabkan oleh masalah pada jaringan. Tidak membutuhkan waktu lama, nonaktifkan kartu hanya membutuhkan waktu beberapa saat, sehingga handphone dapat kembali digunakan dalam waktu singkat.

 

  1. Hapus Data Handphone

Pada bagian sebelumnya telah disampaikan bahwa MMI tidak valid dapat disebabkan oleh data yang penuh. Untuk mengatasi masalah ini anda dapat menghapus data aplikasi yang tersedia. Caranya, masuklah dalam menu pengaturan dan pilih opsi aplikasi. Opsi ini memiliki pengaturan terkait penyimpanan dan di sinilah waktunya menghapus data yang tidak dibutuhkan.

 

  1. Pengecekan USSD

Sebelum memiliki pandangan berbeda karena MMI tidak valid, hal utama yang harus dilakukan adalah cek USSD. Ada kalanya, kode MMI tidak valid disebabkan karena kesalahan dalam memasukkan USSD. Jika hal ini yang terjadi, solusi masalahnya adalah memasukkan kembali MMI yang tepat dan melakukan panggilan ulang.

 

  1. Tambahkan Tanda

Solusi lain yang dapat ditawarkan adalah menambahkan tanda pada MMI. Dalam hal ini, anda dapat menambahkan tanda seperti + ataupun ,. Kedua tanda ini akan membantu agar MMI dapat kembali berguna dan mencapai tujuan yang diinginkan. Misalnya, *+123#. Jika berhasil, tidak perlu jalankan langkah lainnya agar MMI dapat kembali digunakan.

 

  1. Restart Handphone

Berbeda dengan solusi lainnya, untuk membantu menyelesaikan masalah manfaatkanlah fitur restart pada handphone. Hal ini berguna sebagai cara setting kode MMI yang bermasalah. Selain itu, handphone yang di restart akan menghilangkan bug atau error yang disebabkan karena handphone terlalu penuh.

 

  1. Mode Pesawat

Jika tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan restart, cobalah untuk mengaktifkan mode pesawat. Mode pesawat terdapat ditampilan awal handphone bersamaan dengan fitur lainnya. Cara mengatasi kode MMI tidak valid telkomsel yang satu ini, memiliki cara kerja yang sama dengan restart. Namun hanya membutuhkan waktu singkat untuk menyelesaikannya.

Kendala dalam menggunakan smartphone, kerap kali terjadi. Anda tidak perlu panik untuk menyelesaikannya, karena dimulai dari masalah sambungan atau kode MMI tidak valid hingga masalah software, seluruhnya memiliki solusi. Pengguna hanya perlu kreatif untuk menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan setiap kendala yang dialami.

Related posts