KPR Syariah, Benarkah Lebih Menguntungkan Dari KPR Biasa?

  • Whatsapp

Untuk memiliki rumah idaman, setiap orang rela berlomba mengumpulkan uang hingga melakukan pinjaman ke bank. Namun saat hal ini dilakukan, satu yang perlu menjadi perhatian adalah bagaimana dengan riba pinjaman tersebut? Mengingat hal ini, beberapa bank di Indonesia mengeluarkan layanan KPR syariah yang diperuntukkan untuk seluruh nasabah. Lantas, bagaimana cara kerjanya?

Kehadiran bank syariah mendorong bermunculan produk-produk yang terkait dengan hukum Islam, salah satunya KPR dengan sistem syariah. Tidak dapat dipungkiri bahwa kehadirannya memberikan gairah baru dalam perekonomian negara. Lantas, selain KPR BNI Syariah, bank mana yang sediakan layanan syariah untuk program KPR?

Mengenal Apa Itu KPR Syariah?mengenal apa itu kpr syariah

KPR Syariah adalah produk yang ditawarkan oleh bank syariah dengan menganut prinsip Islami. Dalam hal ini berupa, tanpa bunga yang dianggap sebagai riba. Sebagai gantinya sistem akan diganti dengan sistem bagi hasil atau nisbah atau profit sharing. Sistem ini menggunakan total pendapatan usaha dikurangi biaya operasional untuk mendapatkan keuntungan bagi bank.

Pihak bank akan melakukan perhitungan biaya-biaya operasional hingga keuntungan diawal. Kemudian diketahui keputusan keuntungan akan ditetapkan oleh bank. Setelahnya akan ditetapkan akad yang digunakan oleh bank dan calon nasabah. Hal ini berlaku untuk bank apapun, termasuk program KPR syariah BNI. Namun bagaimana dengan hukum program ini?

Bagaimana Hukum KPR Syariah?

Masyarakat banyak yang mempertanyakan bagaimana kebenaran program ini. Pada dasarnya, hukum dalam program ini dipertanyakan kehalalannya. Karena pada akhir tabulasi pembayaran memiliki kesamaan dengan tabulasi KPR konvensional. Hal inilah yang perlu didalami sejak awal sebelum memulai menjadi program dari permata syariah atau bank lainnya.

Bila anda secara pribadi masih mengalami keraguan, sebaiknya jangan dulu menggunakan layanan. Carilah terlebih dahulu informasi terkait, hingga benar-benar yakin dengan tindakan yang diambil. Caranya mudah, carilah pengalaman KPR BTN Syariah atau bank yang dijadikan tujuan. Jika sesuai dengan kebutuhan, maka gunakanlah layanan tersebut.

Layanan KPR Syariah Tanpa Bank

Banyak pengguna yang mengetahui tentang produk KPR BNI syariah. Namun bagaimana dengan layanan syariah tanpa menggunkan bank? Apakah banyak pengguna yang telah menggunakannya? Sejauh ini diketahui bahwa tidak banyak orang yang mengetahui layanan ini. Salah satu alasannya karena masyarakat telah terbiasa dengan kehadiran bank syariah dengan segala program didalamnya.

Walaupun belum memiliki banyak pelanggan, layanan ini terus mengembangkan diri. Salah satunya dengan memberikan kemudahan kepada pelanggannya dengan fleksibilitas yang tinggi. Beragam fitur yang ditawarkan cukup beragam, seperti tidak adanya akad bermasalah, tanpa denda dan tanpa sita seperti yang mungkin terjadi dalam KPR syariah Bandung atau bank lainnya.

Baca juga : KPR BCA, Wujudkan Mimpi Miliki Rumah Impian!

Pandai Memperhatikan Simulasi KPR sistem Syariah

Ada dua hal yang harus diperhatikan dalam mempelajarai simulasi KPR sistem syariah. Apakah hal yang harus diperhatikan? Penjelasannya ada dibawah ini,

  1. Margin KPR Syariah 2020: Fix

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah margin/bunga yang diberikan. Dalam periode tertentu, yang tercantum dalam perjanjian umumnya tetap dalam waktu 1 sampai 5 tahun. Namun untuk transaksi syariah tergantung dengan akad yang digunakan. Dalam periode tertentu, margin yang diberikan tidak akan mengalami perubahan senada dalam simulasi KPR BNI 2020.

 

  1. Ujrah Floating

Pilihan lainnya adalah Ujrah yang floating. Ujrah floating adalah ujrah yang dapat berubah-berubah tergantung kondisi ekonomi ataupun bunga acuan yang ditentukan oleh Bank Indonesia. Ujrah floating mengacu kepada instrumen keuangan bank Indonsia SBIS dan SDBI 12 bulan. Bila anda tertarik, layanan ini tersedia dalam simulasi KPR Mandiri syariah dan bank lainnya.

Siapa Saja Penyedia Layanan KPR Syariah?siapa saja penyedia layanan kpr syariah

Hingga saat ini telah tersedia banyak pihak yang menyediakan program syariah untuk pembelian rumah. Siapa saja diantaranya? Temukan pilihan anda dibawah ini,

  1. CIMB KPR Syariah

Anda yang membutuhkan layanan syariah, kini dapat memanfaatkan layanan dari CIMB. CIMB menyediakan dua produk yang dapat dijadikan pilihan, yaitu KPR IB Fix CIMB Niaga dan KPR IB Flexi CIMB Niaga. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing, bila penasaran dengan program, hubungi CIMB Niaga syariah call center untuk informasi lebih lanjut atau kunjungi websitenya di www.cimbniaga.co.id.

 

  1. OCBC NISP Syariah

Tidak mau ketinggalan, kini pun hadir layanan syariah dari OCBC. Layanan ini dikenal dengan KPR iB Murabahah. Di mana nasabah dapat melakukan pinjaman dengan jangka waktu 5 tahun. Untuk mengetahui lebih lanjut kelebihannya dibandingkan CIMB niaga syariah KPR, disarankan untuk menghubungi call center.

 

  1. KPR Syariah Mandiri

Kini nasabah Bank Mandiri dapat menarik nafas lega karena telah hadir layanan syariah dari Mandiri. Mandiri pun menyediakan program pengadaan rumah dengan program KPR. Salah satu keuntungan dari mandiri syariah KPR adalah anda dapat mengasurkan pembayaran angsuran dalam jumlah tetap atau tidak akan berubah selama masa perjanjian.

 

  1. BTN Syariah

Bank lain yang menyediakan layanan syariah adalah BTN. BTN menyediakan beberapa produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, seperti ruko, apartemen hingga dana untuk renovasi. Hal inilah yang membuat produk ini lebih diminati dibandingkan promo KPR BNI syariah 2020. Di mana lebih tersedia minim pilihan dibandingkan yang diberikan oleh BTN.

 

  1. KPR Syariah Muamalat

Bank lainnya yang disukai nasabah adalah Bank Muamalat. Bank ini memiliki produk pembiayaan yang akan membantu untuk memiliki hunian yang layak. Dalam hal ini dengan menggunakan dengan sistem pembiayaan syariah, sehingga tidak mengenal riba atau bunga. Pendanaan yang diberikan Muamalat dapat digunakan untuk pembelian rumah tinggal, apartemen atau condotel.

Mengapa Menggunakan Syariah KPR?

Anda belum yakin untuk menggunakan layanan? Yakinkan diri dengan beberapa alasan yang akan disampaikan dalam ulasan berikut ini,

  1. Mudah

Bila dibandingkan dengan layanan lain, syariah KPR lebih diunggulkan. Karena proses pencairan dananya lebih mudah dibandingkan KPR konvensional. Kemudahan diberikan karena bank menganut sistem syariah yang sakral untuk setiap nasabah. Nasabah pun harus menuruti setiap ketentuan sebaik-baiknya, agar dana yang dibutuhkan dapat segera dicairkan.

 

  1. Tanpa Riba

Satu keunggulan lain sistem ini adalah nasabah tidak akan dikenakan riba. Riba atau bunga selalu menjadi perhatian utama banyak nasabah, karena riba dianggap merugikan. Walaupun demikian, anda harus pandai-pandai untuk memilih dan memperhatikan bunga KPR syariah 2020 yang diberikan. Karena terdapat beberapa bank yang tetap menyediakan bunga dalam sistem syariah.

 

  1. Banyak Pilihan Program

Pihak bank rupanya memperhatikan pilihan program yang disediakan. Karena kebutuhan tiap nasabah berbeda-beda, maka bank menyediakan banyak program KPR yang dapat dijadikan pilihan. Tugas anda adalah menentukan layanan mana yang sesuai dengan kebutuhan dan mampu dijalankan hingga jangka waktu usai.

Ketiga alasan di atas, dapat disimpulkan bahwa KPR syariah memberikan keuntungan dibandingkan KPR konvensional. Tidak heran jika layanan ini lebih disukai oleh banyak orang dibanding KPR non-syariah. Lantas, manakah yang menjadi pilihan anda?

Pos terkait