Cek Nomor NPWP Online Telah Hadir dan Siap Bantu Anda!

  • Whatsapp

Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP adalah salah satu nomor yang wajib dimiliki oleh setiap individu atau badan usaha yang memiliki penghasilan. Ketentuan ini dilakukan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2009. Untuk anda yang telah memiliki NPWP, kini dapat melakukan cek nomor NPWP online. Dalam hal ini untuk memeriksa berbagai data identitas hingga jumlah pajak yang harus dibayarkan.

NPWP dibutuhkan oleh setiap individu untuk berbagai keperluan. Bahkan NPWP dibutuhkan untuk mereka yang akan melamar pekerjaan. Pertanyaanya, apakah syarat membuat NPWP untuk melamar kerja sama dengan syarat membuat NPWP untuk perusahaan? Gali lebih dalam semua informasinya pada bagian yang berikutnya.

Mengenal Apa Itu NPWP?mengenal apa itu npwp

NPWP adalah tanda pengenal bagi wajib pajak yang diberikan oleh Ditjen Pajak. NPWP inilah yang dapat digunakan untuk mengecek berbagai pajak yang harus dibayarkan dalam setiap bulannya. Bentuknya adalah nomor, namun untuk kemudahan kini telah hadir NPWP dalam bentuk kartu. NPWP terbagi menjadi dua jenis, yaitu NPWP perorangan dan NPWP perusahaan.

NPWP pribadi adalah NPWP yang diberikan kepada wajib pajak perorangan yang memiliki penghasilan di seluruh Indonesia. Semetara NPWP perusahaan adalah nomor pajak yang diberikan kepada wajib pajak yang berupa badan usaha atau perusahaan yang memiliki penghasilan di Indonesia. Dari keduanya, apakah cek no NPWP dapat dilakukan secara online?

Apa Syarat Membuat NPWP Karyawan?

Dalam membuat NPWP, dibutuhkan beberapa dokumen sebagai persyaratan. Apa saja syarat yang dimaksud? Ulasannya ada dibawah ini,

  1. Kartu Identitas

Di Indonesia sebelum anda dapat memanfaatkan cek NPWP dengan nama, harus terdaftar terlebih dahulu sebagai wajib pajak. Salah satu persyaratannya adalah kartu identitas. Untuk WNI dapat menggunakan KTP sebagai kartu identitas. Sementara untuk WNA, dibutuhkan paspor dan kartu izin tinggal sementara. Seluruh dokumen diberikan dalam bentuk fotokopi.

 

  1. Surat Keterangan Bekerja

Satu lagi dokumen yang harus disiapkan adalah surat keterangan bekerja. Untuk anda yang bekerja dalam perusahaan swasta harus menyediakan surat keterangan kerja dari perusahaan. Sementara untuk PNS, dapat membawa surat keterangan atau SK sebagai dokumen persyaratan. Lengkapi seluruhnya sebagai cara membuat NPWP bagi karyawan.

Apakah Cek NPWP Pake No KTP Online Tersedia?

Banyak wajib pajak yang hingga saat ini menanyakan apakah cek nomor NPWP berdasarkan nomor KTP secara online dapat dilakukan? Hal ini pertanyaan penting, karena hingga saat ini belum tersedia layanan pengecekan NPWP dengan KTP. Untuk menyiasati masalah ini, telah hadir metode yang dapat dilakukan, yaitu mendatangi kantor pajak.

Di kantor pajak, cara cek no NPWP dengan no KTP dapat dilakukan dengan mudah. Di mana, cukup serahkan pada petugas, dengan catatan bahwa KTP yang dibawa adalah KTP asli dan sesuai dengan data. Namun disisi lain, jika akan memeriksa nomor NPWP perusahaan, diharuskan membawa akta perusahaan atau instansi tersebut.

Bagaimana Jika Kartu NPWP Hilang?

Apakah anda menghilangkan kartu NPWP secara tidak sengaja? Permasalahan ini kerap terjadi pada seluruh wajib pajak. Namun jika hal ini terjadi, dapat menyebabkan kendala dalam berbagai aspek. Karena NPWP sangat dibutuhkan dalam berbagai keperluan.

Lantas, apakah yang harus dilakukan untuk mengatasinya? Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya cukup mudah, karena tersedia aplikasi cetak kartu NPWP. Anda dapat memanfaatkannya secara online jika tidak memiliki waktu. Namun di sisi lain, wajib pajak dapat memanfaaatkan layanan yang tersedia di kantor pajak untuk pencetakan lebih cepat.

Baca juga : Cara Cek Plat Nomor, Seberapa Penting Mengetahuinya?

Cek Nomor NPWP Online Via Aplikasicek nomor npwp online via aplikasi

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melakukan cek no NPWP. Cara yang dapat dimanfaatkan adalah aplikasi. Aplikasi apa yang dimaksud? Ikuti langkah-langkahnya dibawah ini,

  1. Download Aplikasi

Pertama, lakukan download aplikasi pajak yang dimaksud. Aplikasi ini bernama aplikasi DJP yang bisa didownload melalui play store. Aplikasi ini tidak membutuhkan memori terlalu besar. Namun untuk menggunakannya, anda harus menunggu hingga proses instalasi usai. Setelahnya ikuti langkah-langkah berikutnya.

 

  1. Masuk Pada Akun

Kedua, anda harus masuk atau login pada akun yang sama pada saat pendaftaran. Hal ini penting, karena tanpa akun tersebut login tidak dapat dilakukan. Artinya, cek nama NPWP pun tidak dapat dilakukan. Bila kesulitan, mintalah bantuan petugas untuk proses login hingga akhirnya masuk dalam menu utama atau dashboard.

 

  1. Identitas

Pada bagian dashboard inilah nampak identitas pemilik NPWP dan informasi lainnya. Berkaca pada hal ini artinya cara ini belum dapat dimanfaatkan untuk cek NPWP orang lain atau rekan usaha. Karena anda perlu memiliki login yang hanya didapatkan saat pendaftaran. Lantas, adakah metode yang dapat digunakan agar dapat mengetahui NPWP orang lain?

Cara Mengecek NPWP Asli atau Palsu Via Email

Metode lain yang dapat dilakukan adalah menggunakan email. Namun apakah alamat email yang dituju? Anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini,

  1. Alamat Email

Sama seperti cara pengiriman email umumnya, di mana anda harus memasukkan alamat email. Alamat email yang dituju adalah pengaduan@pajak.go.id. Kemudian isikan bagian badan email dengan maksud dan tujuan pengiriman email. Jika anda bermaksud untuk menanyakan kepemilikan NPWP dari sebuah perusahaan, maka metode ini adalah pilihan yang tepat.

 

  1. Menanti Balasan

Untuk anda yang menggunakan cara ini sebagai cara cek nomor NPWP online, maka bersabarlah sesaat. Email akan dibalas oleh petugas dalam waktu beberapa saat. Cara ini pun dapat dimanfaatkan untuk wajib pajak yang merasakan keluhan. Contohnya, kehilangan kartu ataupun pengaduan karena layanan yang tidak menyenangkan.

Cek NPWP Melalui ereg.pajak.go.id 2020

Pilihan cara lainnya adalah memanfaatkan website untuk mengecek NPWP. Prosesnya cukup mudah, namun untuk lebih jelasnya dapat menyimak ulasan berikut ini,

  1. Masuk dalam Website

Langkah pertama yang harus dijalankan adalah masuk dalam website. Wesbite yang dimaksud adalah ereg.pajak.go.id.  Website ini dapat dimanfaatkan selama anda terkoneksi dengan internet, tanpa adanya internet, layanan tidak dapat dimanfaatkan. Setelahnya, siapkan NPWP dan password.

 

  1. Masukkan NPWP dan Password

Langkah selanjutnya adalah meamasukkan NPWP dan password yang benar. Keduanya penting, karena tanpa password dan kode NPWP yang dibutuhkan, maka proses tidak dapat dijalankan. Langkah berikutnya adalah pindahkan pointer pada kolom email dan tunggulah beberapa detik. Jika tidak ada halangan, maka hasil akan segera ditemukan.

 

  1. Deteksi Pemilik

Tidak berbeda dengan cara cek alamat NPWP, anda dapat memanfaatkan metode ini untuk mengecek pemiliki. Bahkan dalam kesempatan yang sama dapat diketahui, apakah pemilik telah membayarkan pajaknya atau belum. Karenanya, penggunaan metode ini hanya dapat dimanfaatkan secara terbatas.

Pilihlah salah satu metode di atas untuk mendukung anda cek nomor NPWP online. Pilihlah yang termudah, agar proses pengecekan dapat memberikan hasil yang dibutuhkan. Namun, bila nomor NPWP hilang, jangan ragu untuk mencetaknya di kantor.

Pos terkait