Jenis-jenis Layanan Transfer dan Biaya Transfer Antar Bank

  • Whatsapp

Bagi seorang nasabah dalam suatu layanan perbankan, selain melakukan penyetoran untuk menyimpan sejumlah dana di akun banknya, kegiatan transfer juga merupakan salah satu aktivitas perbankan yang paling sering dilakukan. Pasalnya, selain alasan menabung, beberapa orang memang membuka sebuah rekening bank untuk tujuan tersebut, yakni untuk mempermudah aktivitas kirim mengirim uang.

gambar biaya transfer antar bank

Jika transfer yang dilakukan masih dalam satu bank yang sama, maka tidak dikenakan biaya administrasi setiap transaksinya. Namun, jika dilakukan ke bank berbeda atau antar bank berbeda, maka aktivitas transfer tersebut akan dikenakan biaya administrasi atau biaya transfer antar bank. Agar lebih jelasnya, berikut adalah beberapa jenis layanan transfer yang dapat digunakan beserta biaya administrasinya.

Jenis-jenis Layanan Transfer

Berbicara mengenai biaya transfer antar bank memang bukanlah hal yang patut disepelekan. Meskipun kerap menjadi aktivitas yang tak dapat terhindarkan untuk segera mentransfer atau mengirim sejumlah dana, namun jika dilakukan terlalu sering hanya akan menimbulkan kerugian atau potongan dana rekening yang terlalu banyak. Sebab setiap transaksinya, sejumlah dana pada rekening Anda akan terpotong secara otomatis sesuai biaya yang diberlakukan pada jenis layanan yang digunakan. Berikut adalah beberapa jenis layanan transfer beserta biaya transfer yang diberlakukan didalamnya.

1.Layanan Kliring dan RTGS

Layanan transfer Lalu Lintas Giro (LLG) atau kerap disebut dengan sistem kliring merupakan suatu metode transfer antar bank untuk dana yang cukup besar melalui teller bank. Dalam sistem ini, bank akan terlebih dahulu memeriksa apakah jumlah saldo yang akan ditransfer tersebut mencukupi atau tidak, dengan lama proses sekitar 2-3 hari kerja untuk sampai ke rekening tujuan. Adapun biaya transfer ke bank berbeda menggunakan sistem ini, yakni sekitar Rp5.000 – Rp15.000.

Sedangkan untuk sistem Real Time Gross Settlement (RTGS), proses transaksinya kurang lebih hampir sama dengan Kliring. Namun, waktu transfer dengan sistem ini jauh lebih cepat, yakni pada saat itu juga atau real time maksimal 4 jam kerja. Akan tetapi, jika dilakukan di atas jam 15.00, maka dana akan sampai pada keesokan harinya. Dan apabila dilakukan pada akhir bulan, akan terjadi keterlambatan atau delay selama 1 hari kerja karena proses tutup buku. Biaya transfer antar bank dengan layanan ini, yaitu antara Rp25.000-Rp50.000.

2.Setor Tunai dan ATM

ingin tahu berapa biaya transfer antar bank
Sumber Gambar : woke.id

Jika Anda berencana ingin melakukan transfer atau pengiriman ke rekening bank yang berbeda dengan yang Anda miliki, namun di satu sisi tidak ingin mengeluarkan biaya untuk administrasinya, Anda dapat melakukannya langsung melalui layanan kantor bank rekening bersangkutan. Akan tetapi, konsekuensinya adalah Anda harus melakukan antri di bank tersebut.

Sedangkan jika tidak ingin ke kantor cabangnya, Anda bisa mengunjungi gerai ATM bersama. Nasabah yang bertransaksi melalui ATM Bersama ini, mungkin tidak akan selalu dikenakan biaya, bergantung pada kebijakan masing-masing bank yang digunakan. Namun, secara umum, biaya yang diberlakukan, yaitu rata-rata Rp 6.500 setiap transaksi ke bank yang berbeda.

Baca Juga : Biaya Transfer antar Bank BCA dan Bank Lainnya

3.Real time online

Layanan transfer Real Time Online (RTO) merupakan layanan yang sedang populer saat ini, yaitu seperti melalui ATM, internet banking, mobile banking, maupun SMS banking. Salah satu keuntungannya, yaitu waktu yang dibutuhkan hingga dana berhasil ditransfer tidak lama dan dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Hanya saja, limit dana yang bisa ditransfer relatif lebih kecil, yakni sekitar 25.000.000 per transaksi. Adapun biaya transfer antar bank dengan layanan ini, umumnya berkisar pada Rp 6.500 – Rp 7.500.

Pertanyaan & Jawaban

Berapa biaya transfer antar bank?

Biaya administrasi untuk transfer antar bank, umumnya adalah sekitar Rp 6.500 dengan layanan ATM maupun dengan layanan digital lainnya. Sedangkan untuk layanan Kliring dan RTGS, yaitu sekitar Rp 5.000 dan Rp 25.000.

Apakah transfer dana ke suatu bank dikenakan biaya?

Jika dilakukan ke sesama bank yang sama, maka tidak dikenakan biaya apapun atau gratis. Sedangkan jika dilakukan ke bank yang berbeda, biaya administrasinya rata-rata berkisar antara Rp5.000 hingga Rp7.500 untuk setiap transaksi.

Berapa minimal transfer dana?

Jumlah minimal transfer dalam satu kali transaksi, yaitu berkisar Rp 10.000 hingga Rp 5.000.000 per hari.

Demikianlah ulasan mengenai jenis-jenis layanan transfer dana beserta biaya transfer antar bank yang diberlakukan. Semoga informasi yang termuat dalam artikel ini dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang membutuhkannya.

Related posts