Cara Perpanjang Paspor Online, Lebih Efisien dari Cara Lama?

  • Whatsapp

Paspor adalah identitas individu yang melakukan perjalanan antar negara. Paspor dikeluarkan oleh pejabat berwenang dan memiliki masa berlaku. Masa berlaku paspor Indonesia berlaku selama 10 tahun. Setelah 10 tahun, paspor harus kembali diperpanjang agar dapat digunakan. Karena banyaknya permohonan, kini telah tersedia layanan cara perpanjang paspor online.

Perpanjangan paspor online diperuntukkan bagi pemohon yang memiliki paspor biasa. Untuk anda yang mengalami kerusakan atau kehilangan paspor, tidak dapat melakukan perpanjangan melalui online. Paspor online juga tidak dapat digunakan untuk memohon pembuatan paspor baru. Berminat mengguna layanan ini? Anda dapat memahami informasinya terlebih dahulu di sini.

2 Cara Perpanjangan Paspor

Hingga saat ini terdapat dua cara yang dapat dilakukan untuk memperpanjang paspor. Pertama, perpanjangan paspor online. Perpanjangan dilakukan dengan mengambil antrian online terlebih dahulu, melalui APAPO. APAPO adalah Antrian Paspor Online, anda harus melakukannya untuk dapat menambahkan masa berlaku.

Kedua, perpanjangan paspor manual. Proses ini dilakukan setelah antrian online selesai dilakukan. Untuk perpanjangan, anda harus membawa persyaratan yang dibutuhkan. Syarat pembuatan paspor yang diganti adalah kartu identitas dan paspor lama. Proses ini umumnya dilakukan di kantor imigrasi, namun ada pula yang memberikan layanan perpanjang paspor di mall. Namun tidak semua mall menyediakannya.

Apakah Layanan Perpanjangan Paspor saat Corona Tersedia?apakah layanan perpanjangan paspor saat corona tersedia

Banyak yang bertanya, apakah perpanjangan paspor saat covid tersedia? Jawabannya layanan tetap disediakan. Namun anda harus menaati beberapa peraturan berbeda untuk mendapatkan pelayanan. Peraturan yang dimaksud adalah menaati protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan menjaga jarak. Untuk peraturan lain, selalu cek berkala berita imigrasi terbaru melalui website kantor imigrasi di www.imigrasi.go.id.

Hal yang sama berlaku untuk anda yang berencana membuat paspor. Layanan pembuatan paspor selama pandemi tetap buka. Hal yang membedakan adalah adanya batasan jumlah pemohon pengurusan paspor dalam setiap harinya. Bila dahulu dibuka dengan bebas, kini setiap kantor imigrasi memiliki batasan pemohon. Jadi, anda harus memahami berapa jumlah pemohon yang diperbolehkan setiap harinya.

Kapan Harus Perpanjang Paspor Dilakukan?

Berbeda dengan perpanjangan SIM, paspor harus diperpanjang dari jauh-jauh hari sebelumnya. Tepatnya, perpanjangan dapat dilakukan enam bulan sebelum masa berlaku habis. Artinya jika perpanjang paspor masa berlaku masih 9 bulan tetap dapat dilakukan. Utamanya jika anda akan bepergian ke luar negeri dalam waktu panjang. Maka waktu tersebut adalah waktu terbaik melakukan perpanjangan.

Untuk anda yang berencana menggunakan layanan online dan belum yakin dapat mencari informasi terkait. Informasi bisa didapat melalui pengalaman penggantian paspor yang telah dilakukan pemohon sebelumnya. Contohnya, dapat ditanyakan bagaimana cara perpanjang paspor secara online hingga biaya yang harus dikeluarkan untuk perpanjangan.

Baca juga : Inilah Syarat Membuat NPWP, Wajib Anda Perhatikan!

Bagaimana Cara Perpanjang Paspor Via Whatsapp?bagaimana cara perpanjang paspor via whatsapp

Tidak hanya melalui aplikasi, anda dapat melakukan perpanjan masa berlaku paspor melalui whatsapp. Namun cara ini hanya berlaku untuk antrian paspor whatsapp. Sedangkan proses pengerjaannya akan dilakukan secara manual. Untuk mendapatkan antrian melalui whatsapp, pemohon dapat mengirimkan whatsapp dengan format Nama#Tanggal Lahir#Waktu Kedatangan.

Anda harus mengirimkan format ini ke nomor kantor imigrasi yang akan dikunjungi. Metode ini menjadi pilihan tepat, saat layanan paspor online tidak dapat diakses. Setelah mengirimkan pesan, nantinya akan didapatkan notifikasi dari kantor imigrasi yang akan menjadi bukti pendaftaran online.

Apakah Perpanjang Paspor Bisa Dilakukan Dimana Saja?

Walaupun sudah banyak disampaikan di media, masih banyak yang mempertanyakan di mana perpanjangan paspor dapat dilakukan. Anda belum mengetahuinya? Ini jawabannya,

  1. Imigrasi Surabaya

Perpanjang masa berlaku paspor secara online, umumnya dapat dilakukan di seluruh kantor imigrasi. Namun anda harus memilih tempat terdekat untuk melakukan perpanjangan. Kemudian melakukan sesuai peraturan yang berlaku. Dan tidak perlu khawatir, karena biaya perpanjangan paspor berlaku sama di seluruh daerah di Indonesia.

 

  1. Kantor Imigrasi Jakarta Selatan

Kantor lainnya adalah kantor imigrasi di Jakarta Selatan. Di Jakarta Selatan, terdapat layanan khusus untuk paspor. Anda dapat mengunjunginya di Jalan RS. Fatmawati No.4. Layanan buka Senin-Jumat pada pukul 07.30. Namun untuk menggunakan layanan paspor online, pastikan telah memiliki nomor antrian yang didapat melalui APAPO.

 

  1. Kantor Imigrasi Bandung

Berada di Bandung? Anda dapat memperpanjang paspor di daerah Soekarno Hatta. Layanan paspor tersedia di Gedung Binacita dan buka setiap hari kerja pada pukul 08.00 hingga selesai. Apakah ambil paspor diwakilkan diperbolehkan di sini? Sebaiknya hubungi 0227272081 untuk mendapatkan jawabannya.

 

  1. Kantor Imigrasi Jakarta Pusat

Inilah kantor imigrasi yang banyak dikunjungi oleh masyarakat. Karena dianggap sebagai pusat dan seluruhnya dapat dilakukan di sini. Anda yang membutuhkan pencetakan paspor elektronik pun dapat melakukannya di sini. Namun dengan catatan, telah melakukan pembayaran dan menanti pengerjaan 3 hari kerja setelahnya.

 

  1. Kantor Imigrasi Jakarta Barat

Tempat lain yang dapat dikunjungi adalah Lippo Mall Puri. Layanan paspor tersedia di tempat ini, untuk anda yang berencana mengganti paspor, pembuatan paspor selama pandemi atau lainnya dapat dilayani di sini. Layanan dibuka setiap hari kerja pukul 07.30 dan karena pandemi, kemungkinan akan tutup lebih awal.

Cara Perpanjang Paspor Online, Ternyata Cepat!

Perpanjang paspor 2020 kini telah dipermudah dengan sistem online. Apakah lebih efisien atau sebaliknya? Ayo kulik bersama,

  1. Unduh Aplikasi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi. Aplikasi yang dimaksud adalah Antrian Paspor. Kemudian masukkan data diri dengan lengkap, sehingga dapat login. Karena hanya setelah loginlah, permohonan penggantian paspor dapat dilakukan. Tahapan selanjutnya adalah memilih kantor imigrasi yang diinginkan.

 

  1. Jadwal Kedatangan

Karena setiap harinya terdapat kuota permohonan, anda harus memperhatikan jadwal tersebut. Jangan sampai memilih jadwal yang telah penuh kuota. Karena jika dipilih, waktu kedatangan dapat mundur dari jadwal tersebut. setelah memilih tanggal kedatangan, nantinya akan tersedia kode booking berupa kode QR. Kode inilah yang harus dibawa saat mendatangi kantor imigrasi.

 

  1. Proses Perpanjangan

Setelah berhasil dengan antrian online, langkah berikutya adalah mendatangi kantor imigrasi. Saat mendatangi kantor, anda harus membawa syarat yang dibutuhkan. Perlu diingat, bahwa syarat perpanjangan paspor anak dengan dewasa berbeda. Jadi, perlu memperhatikannya secara seksama, agar tidak terdapat kendala saat proses dilakukan.

 

  1. Pembayaran Harga Perpanjang Paspor

Saat mendatangi kantor, anda akan dimintai keterangan penggantian paspor dan rekam sidik jari. Jika seluruh prosedur telah dijalankan, pemohon akan diminta membayar biaya perpanjang paspor. Biaya dibedakan dengan jenis dan tebal paspor yang dibuat. Semakin tebal paspor, maka semakin besar biaya yang dikeluarkan. Setelah 3 hari kerja, maka paspor siap diambil.

Cara perpanjang paspor online dinilai membantu kinerja petugas dalam melayani masyarakat. Masyarakat pun terbantu, karena proses pengerjaannya tidak lagi membutuhkan waktu lama. Masih ada pertanyaan mengganjal? Tanyakan pada customer service kantor imigrasi untuk menjawabnya.

Pos terkait