Cara Cek Kartu Keluarga Online Jakarta Dengan Mudah

  • Whatsapp

Cek Kartu Keluarga Online Jakarta – Seperti yang kamu tahu, bahwa Kartu Keluarga (KK) merupakan bukti identitas keluarga yang sangat penting. Dengan perkembangan keluarga, maka tak heran kalau KK kerap mengalami perubahan. Terutama, pada susunan nama atau pemisahan anggota keluarga. Nah, agar bisa memeriksanya, pemerintah kini menyediakan fasilitas pendukung berupa pengecekan online.

gambar cek kartu keluarga online jakarta
Sumber Digital : alektro.com

Pengecekan KK ini bertujuan agar kita bisa melihat nomor dan data yang tercantum pada KK sudah benar atau belum. Untuk cara cek KK online, ada beberapa jalan yang bisa kamu tempuh. Seperti cek melalui website, email, WhatsApp, media sosial hingga SMS. Cara ini berlaku untuk kamu yang tinggal di Jakarta, dan kawasan lain di seluruh Indonesia.

Cara Cek Kartu Keluarga Online Jakarta Dengan Mudah

Cara Cek KK Melalui Website

Alternatif pertama adalah dengan memanfaatkan website resmi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Kamu bisa menerapkan langkah berikut:

Pertama, kamu bisa buka browser dengan mengetik alamat website http://dukcapil.kemendagri.go.id/.

Selanjutnya, pada kolom yang tersedia masukkan NIK kamu dengan benar.

Jika NIK telah terdaftar, maka akan muncul data keluarga dalam susunan KK. Namun kalau belum terdaftar maka pencarian tidak akan ditemukan.

Cara Cek KK Melalui Media Sosial

Mungkin banyak yang tahu kalau media sosial bisa menjadi salah satu cara untuk pengecekan KK yang akurat. Caranya mudah, yaitu dengan menggunakan akun Facebook Halo Dukcapil atau Twitternya yang bisa dihubungi di @ccdukcapil. Nah, agar privasi terjaga, kamu bisa mengirim permohonan pengecekan melalui Direct Message (DM). Tunggu beberapa jam, hingga data kamu siap ya!

Cek KK Online Melalui E-Mail

Kamu juga bisa memeriksa KK lewat surat elektronik (Email). Caranya adalah dengan mengirim ke alamat email callcenter.dukcapil@gmail.com. Kamu hanya perlu mengetik subjek “permohonan pengecekan KK”, dengan badan email yang sesuai. Jangan lupa melampirkan data NIK kamu agar mempercepat pemeriksaan data. Tunggu hingga dapat balasan email.

Cara ini yang satu ini bisa dibilang paling aman, jika dibanding cek melalui media sosial. Hanya saja, kamu harus menunggu. Sebab waktu untuk menerima balasan atau respon cukup lama sekitar 24 jam. Agar mempercepat proses, kamu bisa melakukan pengajuan  pada hari dan jam kerja.

Baca Juga : Cara Cek BI Checking dengan Mudah dan Cepat Melalui SLIK OJK

Pertanyaan Dan Jawaban

Bisakah cek KK melalui SMS atau Whatsapp?

Ya, kamu bisa cek KK kamu lewat  cara diatas. kamu bisa mengirim pesan permohonan pengecekan dengan melampirkan NIK, nama lengkap, nomor telepon aktif, nomor Kartu Keluarga, dan keluhan. Kirim format diatas ke nomor resmi Dukcapil di nomor +628118005373. Kamu harus menunggu setidaknya 1 x 24 jam agar bisa mendapat respon.

Kenapa bisa NIK dan KK tidak valid?

Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa alasan. Alasan pertama, adalah ada kemungkinan Dukcapil salah dalam proses pencatatan. Ini membuat NIK dan KK tidak valid. Selain itu, ada kemungkinan kalau terjadi masalah pada sistem di database milik Kemendagri.

Validasi NIK untuk apa?

Nomor Induk Keluarga berguna untuk menelusuri atau mengetahui identitas penduduk Indonesia. Cek status validitas NIK KTP akan berguna untuk pengurusan sejumlah hal. Di antaranya adalah daftar BPJS Ketenagakerjaan/BPJS Kesehatan, hingga ikut tes CPNS.

Nah, itulah ulasan tentang cara cek kartu keluarga online jakarta dan warga seluruh Indonesia. Perlu diingat, bahwa NIK dan KK sangat penting, jadi agar tidak kesusahan nantinya saat mengurus dokumen penting, maka periksa sekarang ya!

Related posts