4 Cara Blokir ATM BRI saat Kartu ATM Hilang Atau Tertelan

  • Whatsapp

Cara Blokir ATM BRI—Walau beragam kemudahan telah disediakan oleh BRI untuk nasabah melakukan transaksi, namun keberadaan kartu ATM masih tetap sangat diperlukan. Terlebih untuk kepentingan pengambilan uang tanpa harus ke bank terdekat.cara blokir atm bri

Setiap nasabah yang membuka tabungan akan mendapatkan fasilitas kartu ATM. Tidak terkecuali saat kita membuka rekening tabungan Bank BRI. Dengan menggunakan kartu ATM, nasabah bisa melakukan transaksi di seluruh Jaringan mesin ATM kapan saja ketika diperlukan.

Salah satu transaksi yang dapat dilakukan dengan kartu ATM di mesin ATM diantaranya transfer uang ke sesame atau bank lain, cek saldo tabungan, melakukan pembayaran atau pembelian pulsa handphone atau pulsa listrik.

Setiap pemegang kartu ATM akan diberikan fasilitas pelindung dengan 6 digit PIN yang hanya pemegang ATM sendiri yang tahu, dan harus tetap dirahasiakan agar tidak dapat digunakan oleh orang lain.

Tapi bagaimana jika kita mengalami masalah dengan kartu ATM BRI kita, apa yang pertama kali harus dilakukan agar tidak terjadi hal yang tidak diingkan? Hal pertama, yang harus dilakukan saat mengalami kehilangan kartu ATM adalah memblokir akses ATM dan jika ingin bisa menggunakan kembali, yah segera untuk membuat kartu ATM yang baru.

Bagaimana Cara Blokir ATM BRI?

Saat kamu kehilangan kartu ATM BRI, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah segera untuk memblokir kartu ATM, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada saldo tabungan kamu. Ada 2 cara blokir ATM BRI yang hilang atau tertelan di mesin ATM BRI yang bisa kamu lakukan. Simak penjelasan selengkapnya berikut yah.

1. Cara Blokir ATM BRI dengan Menghubungi Call Center BRI

Saat kamu mengetahui ternyata kartu ATM BRI kamu hilang atau tertelan di mesin ATM BRI, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah segera menghubungi call center BRI untuk melakukan blokir kartu ATM BRI kamu, agar tidak disalah gunakan oleh orang lain.

Dengan pemblokiran tersebut, maka semua fasilitas transaksi yang biasa bisa kamu lakukan dengan menggunakan kartu ATM BRI akan di blokir semua oleh bank BRI, dan sementara waktu kamu tidak bisa menggunakannya sebelum kamu kembali mengaktifkannya.

Kamu bisa menghubungi call center BRI di nomor 14017 atau 1500017. Sebelum kamu menghubungi call center BRI untuk pemblokiran kartu ATM, kamu akan diminta untuk menjawab beberapa informasi tentang identitas diri seperti nama pemilik rekening, nomor rekening, tanggal lahir dan lainnya. Supaya proses pemblokiran kartu ATM BRI segera bisa di selesaikan, jawablah pertanyaan-pertanyaan dengan benar.

2. Cara Blokir ATM BRI Dengan Mengunjungi Kantor BRI Terdekat.

Cara selanjutnya untuk melakukan blokir ATM BRI adalah dengan cara mengunjungi kantor bank BRI terdekat. Nanti di sana kamu akan dibantu oleh customer service BRI untuk melakukan pemblokiran ATM. Sebelum kamu ke kantor bank BRI terdekat untuk melakukan hal tersebut, ada baiknya kamu siapkan dokumen yang diperlukan.

Diantara dokumen yang mesti kamu bawa, KTP, Buku Tabungan dan surat keterangan kehilangan dari kepolisian terdekat. Nah, agar kamu bisa kembali menggunakan kartu ATM, sekalian saja minta untuk diterbitkan kartu ATM BRI yang baru.

3. Cara Blokir ATM BRI Lewat M Banking BRI.

Semakin canggihnya teknologi membuat transaksi berbankan bisa dikerjakan hanya dengan menggunakan handphone di tangan. Tidak saja untuk melakukan cek saldo, transfer uang antar bank, pembelian pulsa , atau pembayaran, dengan menggunakan M Banking BRI kamu juga bisa memblokir kartu ATM. Bagaimana caranya, simak penjelasannya berikut di bawah ini.

1. Silahkan buka aplikasi M Banking atau BRI Mobile yang terinstal di handphone kamu.
2. Kemudian silahkan cari dan klik menu Pelayanan Nasabah.
3. Lalu pilih dan tekan submenu Enable/Disable Kartu.
4. Akan diminta PIN M Banking BRI,silahkan masukkan PIN BRI Mobile kamu.
5. Selanjutnya secara otomatis sistem akan mengirim SMS ke nomor handphone yang terdaftar berupa pemberitahuan kartu ATM BRI Anda telah di nonaktifkan.
Jika kamu ingin menggunakannya kembali kartu ATM BRI, kamu bisa mengaktifkannya kembali dengan cara yang sama seperti diatas. Disable kartu ATM bukanlah cara blokir ATM secara sepenuhnya, sehingga kamu masih tetap bisa menggunakan M Banking dan Internet Banking BRI. Untuk mengaktifkan kembali, kamu tidak perlu ke bank.

4. Cara disable kartu ATM BRI dengan internet banking

Selain menggunakan M Banking BRI, fasilitas internet banking BRI juga bisa digunakan untuk memblokir kartu ATM BRI. Caranya adalah sebagai berikut.

1. Silahkan akses internet banking BRI.
2. Kemudian masukkan user ID dan password internet BRI untuk login.
3. Lalu pilih menu Pelayanan.
4. Selanjutnya klik menu Disable Enable Kartu.
5. Silahkan pilih nomor rekening yang akan di-disable.
6. Masukkan password internet banking BRI sekali lagi dan kemudian OK.

Sama seperti menggunakan aplikasi, disable kartu ATM BRI dengan internet banking pun bukan pemblokiran paten. Sehingga Anda sendiri bisa meng-enable-kan kembali tanpa perlu ke kantor cabang bank. Cukup menggunakan handphone ataupun laptop bisa.

Nah, 4 cara blokir ATM BRI diatas, dua diantaranya adalah cara paling mudah untuk melakukan pemblokiran ATM anda jika mengalami kehilangan atau tertelan. Sangat disarankan, jika kamu kehilangan kartu ATM BRI atau kartu ATM BRI kamu tertelan pada malam hari, segera saja menghubungi call center BRI untuk melakukan pemblokiran ATM. Tapi jika ATM tertelan atau hilang pada siang hari, silahkan terlebih dahulu kontak call center dan segeralah ke kantor Bank BRI terdekat untuk menindak lanjuti, termasuk untuk segera mengurus kembali kartu ATM BRI yang baru.

Pos terkait