Penyebab dan Biaya Ganti kartu ATM Mandiri

  • Whatsapp

Biaya Ganti kartu ATM Mandiri – Bagi Anda yang kerap memanfaatkan layanan perbankan untuk bertransaksi pasti sudah sangat mengenal bagaimana pentingnya sebuah katu ATM. Kartu ATM dapat dijadikan solusi yang dapat dibawa kemana-mana untuk menggantikan uang tunai yang lebih aman. Oleh sebab itu, kehilangan ATM secara fisik maupun fungsi adalah hal yang harus segera diatasi, yakni dengan cara menggantinya.

gambar biaya ganti kartu atm mandiri
Sumber Gambar : mutaeasy.com

Mengganti kartu ATM termasuk salah satu kebijakan yang diberikan oleh suatu bank, terutama bank Mandiri, jika sewaktu-waktu ATM nasabahnya hilang atau disebabkan kendala lainnya. Umumnya, untuk beberapa alasan ketika ATM Mandiri bermasalah dan harus diganti, ada biaya ganti kartu ATM Mandiri yang harus ditanggung. Agar lebih jelasnya, berikut adalah uraian mengenai hal tersebut.

Penyebab ATM Mandiri Bermasalah dan Harus Diganti beserta Biayanya

Ada beberapa alasan sebuah kartu ATM dikatakan bermasalah dan harus segera diganti. Di antaranya adalah akibat hilang, terblokir, maupun karena tertelan mesin ATM. Hal tersebut mungkin saja dapat terjadi kepada setiap nasabah, khususnya nasabah bank Mandiri yang memiliki kartu ATM.

Oleh sebab itu, jika hal-hal tersebut terjadi, Anda tidak perlu merasa panik dan terlalu khawatir. Sebab bank Mandiri memiliki kebijakan untuk mengganti kartu ATM Anda jika memang harus diganti. Hanya saja, akan ada sejumlah biaya yang harus dikeluarkan apabila mengganti ATM dengan alasan tertentu. Berikut adalah beberapa penyebab ATM bermasalah dan harus diganti beserta biaya penggantiannya.

ternyata biaya ganti kartu atm mandiri sangat murah
Sumber Gambar : mutaeasy.com

1.Kartu ATM Mandiri Hilang

Kehilangan kartu ATM bisa disebabkan karena berbagai hal, seperti pencurian, terjatuh di jalan, atau hanya karena lupa menaruhnya dimana.Umumnya, jika salah satu hal tersebut terjadi, maka untuk mengurus penggantiannya harus disertai dengan surat keterangan hilang dari polisi. Hal ini untuk meyakinkan pihak Bank bahwa kartu ATM Anda benar-benar hilang atau terjatuh. Biaya ganti kartu ATM Mandiri karena alasan ini umumnya adalah sebesar Rp 15.000.

2. Kartu ATM Mandiri Terblokir

ATM terblokir biasanya disebabkan karena pengguna sering memasukkan kode PIN yang salah.Umumnya, ada batasan tertentu bagi seorang nasabah dalam melakukan kesalahan memasukkan PIN. Jika jumlah batasan tersebut sudah dicapai, maka secara otomatis kartu ATM akan terblokir dan tidak dapat digunakan. Untuk melakukan unblock, Anda bisa mengunjungi kantorbank Mandiri terdekat dengan mempersiapkan biaya sebesar Rp 5.000.

3. Kartu ATM Mandiri Tertelan Mesin ATM

Jika penyebabnya adalah tertelah mesin ATM, maka umumnya hal tersebut menjadi tanggungjawab dari pengelola layanan bank bersangkutan. Anda dapat melaporkan hal ini ke kantor bank Mandiri terdekat dengan menyebutkan lokasi mesin ATM tempat kartu ATM Anda tertelan. Biaya ganti kartu ATM Mandiri akibat tertelan umumnya gratis karena menjadi tanggungjawab layanan bank tersebut.

Baca Juga : Inilah Cara Bayar Indihome Lewat Bank BCA, Mandiri, dan BRI

Pertanyaan & Jawaban

Bagaimana cara mengganti kartu ATM Mandiri?

Caranya sangat mudah, Anda cukup mendatangi customer service Bank Mandiri terdekat dengan membawa semua yang dipersyaratkan.

Apakah mengganti kartu ATM memiliki biaya?

Ya ada beban biaya yang harus dibayar. Namun biaya untuk penggantian kartu ATM Mandiri cukup terjangkau yakni sebesar Rp 15.000 saja.

Apa saja persyaratan ganti kartu ATM Mandiri?

Untuk melakukan penggantian kartu ATM, nasabah harus membawa KTP, Buku Tabungan, dan Surat keterangan Kehilangan dari Kepolisian.

Berdasarkan uraian di atas, diketahui kalau biaya administrasi yang dibebankan saat melakukan pergantian kartu ATM Mandiri sangat ringan. Oleh karena itu, bagi nasabah yang kehilangan kartu ATM, tidak usah panic, cukup mendatangi kantor cabang Mandiri terdekat dan melakukan semua prosedurnya.

 

 

 

Related posts