Aktivasi Kartu Kredit Permata Bank, Mudah!

  • Whatsapp

Permata bank menjadi salah satu perbankan yang mengutamakan kepuasan para nasabahnya. Salah satu bentuk komitmennya adalah melalui penyediaan produk kartu kredit yang mudah proses pengajuannya. Ada beberapa jenis kartu kredit permata bank yang dapat memudahkan Anda untuk berbelanja dan mendapatkan promo menarik lainnya. Informasi rinci mengenai hal tersebut bisa Anda akses pada tiap bab berikut ini.

Update Informasi Kartu Kredit Permata Bank

Sebelum membahas lebih lanjut terkait jenis-jenis kartu kredit permata bank ada baiknya Anda menyimak update informasinya terlebih dahulu. Berikut ringkasan beberapa informasi terbaru yang bisa Anda jadikan pedoman sebelum memilih jenis kartu kredit tertentu.

1.      Ketentuan Cashback Terbaru di Permata Hero Card

permata hero card
Ketentuan Cashback Terbaru di Permata Hero Card

Ada sedikit perubahan ketentuan dalam hal cashback. Pertama untuk jenis transaksi di luar merchant hero, giant dan guardian yang semula bisa diubah menjadi cicilan simplepay kini tidak lagi mendapat kesempatan cashback. Kedua, setiap transaksi bill to pay tidak akan lagi mendapatkan cashback. Ketentuan tersebut berlaku efektif mulai periode 06 September 2019.

2.      Update Perolehan Poin Reward

Baru-baru ini pihak permata bank merevisi ketentuan perolehan reward pada penggunaan produk kartu kreditnya. Adapun peraturan terbaru tersebut menyebutkan bahwa setiap kali pemegang kartu bertansaksi baik di dalam maupun luar negeri, dirinya akan mendapatkan 1 poin reward. Setiap poin reward memiliki nilai sebesar Rp 20.000, hal ini berlaku untuk kelipatan pembelian retail. Update tersebut berlaku efektif per tanggal 14 Juli 2020.

3.      Fasilitas Permata Navigator

Berlaku efektif per periode 06 September 2019, permata bank kini memberlakukan adanya fitur permata navigator. Fitur tersebut berupa notifikasi tiap kali ada transaksi penarikan tunai maupun pembelian yang akan diterima oleh para pemegang kartu kredit permata bank. Kebijakan tersebut mengharuskan Anda untuk membayar biaay administrasi sebesar Rp 5.000 tiap bulannya serta fitur tidak berlaku untuk transaksi simplepay.

 

4.      Perubahan Suku Bunga Kartu Kredit Permata Bank

Terakhir ada penyesuaian suku bunga kartu kredit permata bank menanggapi situasi covid-19 dan kebijakan terbaru dari pihak Bank Indonesia. Untuk itu, jika semula suku bunga yang diterapkan adalah 2,246% sebulan maka dilakukan penyesuaian sebesar 2% tiap bulannya. Kemudian untuk pembayaran minimum yang semula dibayarkan sejumlah 10% dari total pinjaman disesuaikan menjadi 5% saja. Hal ini berlaku pula untuk besaran denda keterlambatan yang semula 3% diubah menjadi 1%.

Baca juga : Rekomendasi KTA Tanpa Kartu Kredit Syarat Mudah

5 Jenis Kartu Kredit Permata Bank Pilihan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa terdapat beberapa pilihan jenis kartu kredit permata bank. Silakan Anda sesuaikan jenis tersebut sesuai dengan kebutuhanmu. Penjelasannya ada pada tiap bab berikut ini.

1.      Kartu Permata Reward

Dipersembahkan khusus bagi Anda yang menyukai travelling atau bepergian jauh, permata reward hadir dengan kenyamanan ekstra. Nikmati beragam promo kartu kredit permata yang menarik, mulai dari cashback hingga poin reward tiap kali Anda berbelanja di merchant pilihan. Untuk jenis ini syarat pengajuan harus memiliki penghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan, sedangkan biaya iuran per tahunnya ditetapkan sebesar Rp 350.000 tiap tahunnya. Ada beberapa biaya yang dikenakan jika Anda ingin mengubahnya menjadi prioritas, seperti biaya kenaikan limit, biaya overlimit, biaya cetak lembar tagihan dan lain sebagainya.

2.      Kartu Kredit Permata Hero

Kartu kredit permata hero memiliki dua varian yakni silver dan gold. Perbedaan mendasar antar keduanya terletak pada kategori syarat penghasilan minimun, batas limit kartu kredit, serta besaran iuran tahunan yang ditetapkan. Permata hero gold mensyaratkan penghasilan minimum sebulan Rp 5.000.000 dengan batas limit kartu kredit permata ini adalah antara Rp 10.000.000 hingga Rp 39.000.000/ bulan, sedangkan iuran tahunan ditetapkan sebesar Rp 350.000/ tahun. Lain halnya untuk jenis silver, syarat penghasilan minimun serta batas limit ditetapkan sebesar Rp 3.000.000/ bulan, sedangkan iuran tahunan ditentukan sebesar Rp 200.000 per tahun.

3.      Kartu Kredit Permata Black Card

permata black card
Kartu Kredit Permata Black Card

Diperuntukkan bagi Anda yang terpilih, jenis kartu ini masuk kategori priority. Anda harus memiliki penghasilan minimum Rp 50.000.000/ bulan untuk menikmati aksesnya, belum lagi ada tambahan biaya tahunan yang harus ditanggung yakni sebesar Rp 1.000.000. Untuk nominal batas limit kartu tidak disebutkan secara jelas, karena akan ditentukan lebih lanjut oleh pihak perbankan. Meski demikian ada beberapa keuntungan yang didapat oleh pemegang kartu, diantaranya berupa fasilitas executive lounge, bebas iuran tahunan untuk 5 kartu tambahan dan lain sebagainya.

4.      Kartu Kredit Permata Airasia

Salah satu jenis produk kartu kredit hasil co-branding antara airasia dengan permata bank, kartu kredit permata airasia siap menambah kepercayaan diri Anda untuk bepergian. Mengharuskan Anda untuk memiliki penghasilan minimum sebesar Rp 3.000.000 serta iuran tahunan Rp 500.000, tidak ada ketentuan batas limit penggunaan kartu kredit tersebut. Anda tetap bisa mendapatkan kesempatan promo maupun cashback tiap menggunakan merchant mitra.

5.      Kartu Kredit Permata Platinum

Jenis permata platinum credit card sebenarnya terbagi atas beberapa tipe, mulai dari permata shopping, permata hero, permata reward dan sejenisnya. Namun kali ini akan dibahas mengenai jenis kartu kredit permata shopping platinum. Untuk bisa menikmati batas limit kartu yakni antara Rp 40.000.0000 hingga Rp 1 Miliar, Anda harus memiliki penghasilan minimal sebesar Rp 20.000.000 per bulan. Tak sampai disitu saja, Anda pun akan dikenai biaya iuran tahunan sebesar Rp 600.000/ tahun. Meski demikian ada beberapa keuntungan yang bisa dinikmati seperti cicilan 0 permata credit card untuk fasilitas simple pay, bebas iuran tahunan selama sebulan pertama, dan lain sebagainya.

3 Cara Mengaktifkan Kartu Kredit Permata

Agar Anda bisa menikmati serangkaian promo maupun fasilitas yang disediakan oleh pihak permata bank. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam proses aktivasi kartu kredit permata bank tersebut, seperti penjelasan berikut ini.

1.      Via SMS

Pertama silakan lakukan secara online dengan mengetikkan format AKT (spasi) 4 digit nomor kartu kredit milikmu (spasi) tanggal lahir dengan format (ddmmyyyy). Selanjutnya silakan kirim sms tersebut ke 63399

2.      IVR (Interactive Voice Response)

Langkah lain yang bisa dicoba adalah menghubungi IVR di nomor 1500111 dilanjutkan dengan menekan angka 1 untuk aktivasi kartu. Kemudian dilanjutkan dengan menekan angka tersebut kembali untuk proses aktivasi kartu dan proses pembuatan PIN. Selanjutnya silakan tekan kembali angka 1 untuk proses aktivasi kartu kredit disusul dengan memasukkan 16 angka yang tertera di kartu kredit milik Anda.

3.      Kunjungi Kantor Bank Permata Terdekat

Terakhir Anda bisa mengurusnya langsung di kantor bank permata. Silakan lakukan kunjungan mandiri ke kantor permata bank terdekat dan segera hubungi customer service. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa menghubungi call center kartu kredit permata di nomor 1500111.

 

Demikian rangkaian informasi mengenai kartu kredit permata bank yang sudah kami himpun dari berbagai sumber resmi. Jika ada hal lain yang masih mengganjal dan membutuhkan jawaban segera, silakan kunjungi website resmi bank permata di www.permatabank.com. Semoga bermanfaat.

Pos terkait