3 Cara Transfer Uang ke Luar Negeri

  • Whatsapp

transfer uang ke luar negeri sudah sangat mudah

Saat ini jumlah warga negara yang berada di luar negeri sudah semakin banyak. Tujuan mereka berada di luar negeri bermacam-macam, ada yang bekerja, belajar, maupun yang menetap di sana. Terkadang karena alasan tertentu, pihak keluarga butuh untuk transfer uang ke luar negeri.

Saat ini mengirimkan uang ke luar negeri sudah semakin mudah. Bisa melalui Western Union, transaksi bank, TrueMoney Wallet, dan yang lainnya. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan saya sebutkan detail ulasan cara-cara pengiriman tersebut.

Ulasan 3 Cara Transfer Uang ke Luar Negeri

gambar transfer uang ke luar negeri

1.Western Union

Saat ini aktivitas transfer uang ke luar negeri dengan Western Union merupakan cara yang paling sering digunakan. Alasannya jelas, karena selain proses transfernya mudah, biaya yang harus dikeluarkan untuk transfer juga tergolong murah.

Untuk melakukan transfer uang menggunakan Western Union, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Kunjungi kantor/agen Western Union terdekat.
  • Jangan lupa membawa identitas diri yang masih berlaku (KTP/SIM/passport).
  • Lakukan pengisian formulir pengiriman dan melengkapi persyaratan yang ditetapkan.

Biaya pengiriman yang akan dibebankan kepada Anda tergolong murah. Jumlah beban tergantung nominal pengiriman. Untuk nominal pengiriman sebesar Rp.100.00-Rp.1.000.000, biaya pengiriman yang harus dibayar berkisar Rp.45.000. Sedangkan untuk nominal pengiriman sebesar Rp.2.000.000-Rp.10.000.000, biaya pengiriman yang harus dibayar berkisar Rp.90.000. Demikian seterusnya.

2.Transaksi Bank

Transfer uang ke luar negeri juga bisa dilakukan dengan menggunakan transaksi antar bank. Cara ini menggunakan sistem offline sebagaimana Western Union. Untuk melakukannya, Anda harus mendatangi langsung bank yang ingin digunakan transfer uang.

Untuk melakukan transfer uang menggunakan transaksi antar bank, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Kunjungi bank tempat rekening Anda terdaftar.
  • Jangan lupa membawa identitas diri yang masih berlaku (KTP/SIM/passport) dan buku tabungan.
  • Selanjutnya, teller akan memandu Anda bagaimana melakukan transfer uang tersebut.

Meskipun cara pengiriman ini terkesan mudah, faktanya waktu yang harus diluangkan lumayan banyak. Sebab, Anda harus mendatangi bank tempat transfer dan melakukan antrian. Jika terlambat datang, Anda harus rela mengantri dalam waktu lama karena biasanya sudah banyak antrian yang lebih duluan dari Anda.

Baca Juga : Nomor Kode Bank BRI Untuk Transfer Antar Bank

3.TrueMoney Wallet

Transfer uang ke luar negeri juga bisa dilakukan dengan menggunakan layanan TrueMoney Wallet, yaitu jasa remittance (pengiriman luar negeri) berbasis aplikasi. Cara melakukan pengiriman uang menggunakan aplikasi ini sangat mudah.

Adapun langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk melakukan pengiriman uang menggunakan aplikasi ini adalah sebagai berikut :

  • Buka aplikasi TrueMoney Indonesia melalui smartphone Anda. Tapi sebelum itu, pastikan akun Anda sudah terverifikasi.
  • Selanjutnya pilih menu transfer dan tap “Kirim Uang ke Luar Negeri”, lalu pilih negara tujuan.
  • Pilih bentuk pengiriman yang diinginkan (uang tunai, atau rekening bank, atau melalui TrueMoney Wallet).
  • Lakukan pengisian data diri Anda secara lengkap.
  • Sebutkan nominal pengiriman uang yang diinginkan, lalu tekan Next/Lanjut.
  • Pastikan transaksi Anda sudah sesuai, lalu konfirmasi transaksi Anda.

Setelah melakukan proses transfer uang ke luar negeri sebagaimana yang disebutkan di atas, akan ada notifikasi yang memberitahukan suksesnya pengiriman Anda.

Demikianlah informasi seputar cara transfer uang ke luar negeri yang bisa saya bagikan kali ini. Semoga artikelnya bermanfaat dan menjadi tambahan ilmu yang bermanfaat, khususnya bagi Anda yang memang belum pernah melakukan pengiriman uang ke luar negeri.

Related posts