Tutorial Cara Mengambil Uang di ATM

  • Whatsapp

Hampir semua orang saat ini dipastikan memiliki rekening bank. Apalagi buat Anda yang sudah bekerja, pasti memiliki tabungan yang biasanya digunakan untuk menerima gaji. Berbagai bank saat ini telah memberikan kemudahan bagi nasabahnya untuk mengambil uang di ATM. Tetapi meskipun terbilang mudah, cara mengambil uang di ATM ternyata tidak segampang yang kita pikirkan. Kita harus mengerti cara yang benar dan aman saat mengambil uang di mesin ATM.

ilustrasi cara mengambil uang di atm
Ilustrasi Cara Mengambil Uang di ATM

Mesin ATM sendiri dibuat oleh bank untuk memudahkan nasabah melakukan transaksi mulai dari transfer, mengambil uang dan membayar tagihan. Namun, terkadang ada juga yang mengalami kesulitan sehingga menyebabkan kartu tertelan ataupun uang tertinggal di ATM.

Selain itu, ada beberapa hal yang terkadang dilupakan oleh orang-orang ketika mengambil uang di ATM. Hal tersebut yang bisa membuat banyak kasus terjadi seperti penipuan, pencurian hingga terjadi pembobolan saat mengambil uang di ATM. Agar Anda bisa mengambil uang dengan aman di ATM, Anda bisa simak penjelasan berikut ini.

Temukan Mesin ATM di Lokasi Aman

  • Langkah pertama yaitu datang ke mesin ATM yang sesuai dengan bank yang Anda gunakan.
  • Jangan lupa untuk memilih ATM yang berada di daerah yang aman.
  • Lalu pastikan bahwa mesin ATM tersebut tidak disalah gunakan oleh oknum tertentu.
  • Lebih baik juga jika Anda menarik uang di ATM yang berdampingan dengan bank itu sendiri, karena di bank bisa dipastikan sudah ada satpam dan CCTV pengaman.
  • Maka dari itu, bisa dipastikan keamanan di lokasi tersebut terjaga dengan baik.

Masukkan Kartu Debit atau Kredit

ilustrasi tarik uang dari atm
Ilustrasi Tarik Uang dari ATM
  • Masukkan kartu debit atau kredit ke mesin ATM.
  • Lalu masukkan PIN ATM, disini Anda tidak boleh sampai salah memasukkan PIN 3x karena bisa berakibat kartu ATM Anda terblokir.
  • Kemudian pilih bahasa yang ingin Anda gunakan.
  • Setelah itu pilih menu tarik tunai dan masukkan jumlah nominal yang ingin Anda tarik, lalu pilih benar. Disini Anda bisa mencetak struk bukti pengambilan uang
  • Ambil uang Anda yang keluar.
  • Jika Anda tidak ingin melakukan transaksi lainnya, maka pilih tidak dan klik cancel untuk mengeluarkan kartu ATM dari mesin.
  • Struk bukti pengambilan akan keluar secara otomatis.

Baca Juga : Cara Cek Saldo BRI Melalui ATM, SMS Banking, Mobile Banking, dan Internet Banking

Pertanyaan dan Jawaban

Mengapa kartu ATM ditolah oleh mesin ATM?

Transaksi ditolak atau gagal bisa terjadi karena salah memasukkan nomor rekening, kesalahan saat memasukkan PIN, kesalahan dari sistem atau bisa jadi kartu ATM sudah terblokir.

Apakah berbahaya jika kartu ATM hilang?

Kartu ATM akan sangat berbahaya jika kartu tersebut berada di tangan orang yang mengetahui nomor PIN, misalnya saja kartu ATM Anda diambil oleh orang terdekat Anda sendiri. Tentu saja hal tersebut sangat menguntungkan bagi pencuri karena bisa dengan mudah menguras isi saldo di dalam rekening tabungan tersebut.

Kenapa kartu ATM bisa tertelan?

Biasanya, kartu ATM tertelan karena kesalahan dari mesin ATM yang rusak atau bisa juga kelalaian dari nasabah. Untuk kelalaian dari nasabah sendiri biasanya yang terjadi yaitu lupa PIN hingga tiga kali atau lupa mengambil kartu ATM setelah melakukan transaksi.

Itulah cara mengambil uang di ATM dengan aman dan mudah. Ada baiknya jika Anda memastikan kembali bahwa transaksi memang benar-benar sudah selesai. Pastikan juga bahwa kartu ATM telah diambil dari mesin. Demikian artikel yang sudah saya buat, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi Anda yang membutuhkannya, terutama untuk nasabah yang baru.

 

Related posts