Standard Express, Benarkah Layanannya Berkualitas?

  • Whatsapp

Perusahaan pengiriman paket saat ini tengah mendulang keuntungan berlimpah. Tidak dapat dipungkiri hal ini karena sistem belanja online yang semakin diminati masyarakat. Tidak heran jika akhirnya perusahaan standard express hadir di Indonesia. Perusahaan ini adalah milik China dan hingga saat ini masih diperdebatkan kualitas pengantarannya.

Beberapa orang yang telah menggunakan layanan merasa tidak nyaman dengan layanan. Salah satunya karena cek resi standard express China sulit dilakukan. Akibatnya, barang yang dikirimkan tidak dapat dilancar keberadaannya. Lantas, bagaimana dengan layanan dan fitur lainnya? Apakah masyarakat merasakan hal yang sama atau justru sebaliknya?

Profil Standard Express

Sebagai awalan, ada baiknya jika anda mengenal siapa layanan pengantaran dari China ini. Layanan ini merupakan layanan yang memberikan jasa pengiriman barang dari luar dan dalam negeri. Cara kerjanya cukup berbeda dibandingkan layanan pengiriman jasa lainnya. Karena pengirimannya hanya dilakukan dari luar negeri menuju marketplace. Setelahnya, barang akan diantarkan dengan ekspedisi berbeda.

Hingga saat ini diketahui telah tersedia beberapa marketplace yang menggunakan jasa standar express. Salah satunya adalah Shopee, produk yang dikirimkan cukup beragam dimulai dari masker hingga produk-produk elektronik. Namun saat ini, tercatat telah tersedia beberapa market place lain yang memanfaatkan layanannya demi memenuhi kebutuhan pelanggan.

Apakah Semua Produk Dapat Dikirimkan dengan Standar Expres?

Sebelum menggunakan layanan, penting untuk anda mengetahui apa saja produk yang dapat dikirimkan dengan layanan. Hal ini penting, agar tidak ada kendala atau penolakan saat produk akan dikirimkan. Jawabannya adalah seluruh produk dapat dikirimkan dengan layanan express standar. Namun ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu pajak yang diberikan.

Pada waktu lalu, pengiriman dari luar negeri tidak dikenakan pajak walaupun produk mencapai 75 USD. Namun kini, peraturan baru dikenakan batas pengiriman yaitu 3 USD untuk setiap produk. Selebihnya, produk yang memiliki biaya lebih akan dikenakan pajak tambahan. Jadi, sebelum membeli produk, anda harus memperhatikan apakah produk tersebut lebih dari 3 USD atau sebaliknya.

Siasati Cara Pembelian Produk Agar Tidak Terkena Bea Masuksiasati cara pembelian produk agar tidak terkena bea masuk

Anda berencana membeli produk dari luar negeri? Sebaiknya perhatikan beberapa hal dibawah ini, sehingga tidak menyebabkan kerugian dengan harus membayarkan bea masuk,

  1. Tidak Melebihi USD 1500

Ada hal yang harus diperhatikan dalam pembelian produk, di mana harga produk tidak melebihi USD 1500. Namun hal ini dapat dilakukan, jika anda telah menyetujui bahwa terdapat pajak yang harus dibayarkan dalam setiap pembelian produk. Jika tidak, sebaiknya pertimbangkan kembali apakah produk tetap dibeli atau justru diurungkan.

 

  1. Pembelian Produk

Sebelum memastikan pembelian barang, anda perlu memastikan bahwa produk yang dibeli tidak melebihi harga 100 USD untuk setiap item. Karena setiap produk yang dibeli, akan dikenakan biaya untuk pajak. Hal ini belum termasuk dengan biaya pengantaran dari standar ekspres ke alamat pengantaran.

 

  1. Indikasi Penipuan

Sebelum anda melakukan cek resi standard express shopee ada baiknya untuk memperhatikan apakah barang merupakan barang asli. Dalam hal ini, barang bukanlah barang yang terindikasi penipuan. Hal ini berbahaya, karena barang akan ditolak masuk dan sebagai penerima akan dikenakan biaya denda  atau penalti. Karenanya, pengecekan seksama perlu dilakukan.

Apa Penyebab Resi Standard Express Tidak Terlacak?apa penyebab resi standard express tidak terlacak

Banyak komplain yang masuk pada perusahaan ini setelah hadir di Indonesia, salah satunya karena resi tidak terlacak. Namun sebenarnya, terdapat beberapa alasan yang menyebabkan hal ini terjadi,

  1. Jangka Waktu Pengiriman

Banyak pelanggan yang menyampaikan komplain tanpa memeriksa jangka waktu pengiriman. Sebuah barang dapat dilacak keberadaannya, bila barang sudah keluar gedung. Jika barang belum keluar dari gedung, maka pengecekan tidak dapat dilakukan. Jadi, sebaiknya bersabarlah sejenak hingga barang telah dinyatakan siap packing dan lakukan pengecekan setelahnya.

 

  1. Nomor Resi yang Tepat

Berikutnya hal yang harus diperhatikan adalah nomor resi yang dimasukkan. Nomor resi yang salah dapat menyebabkan barang tidak dapat terlacak. Kesalahan yang kerap terjadi dalam memasukan resi adalah nomor yang kurang atau kesalahan penginputan. Hal inilah yang dapat menyebabkan produk yang dikirimkan oleh standar ekspress tidak dapat terlacak.

 

  1. Masalah Di Pihak Ketiga

Tidak dapat dipungkiri layanan yang berikan memiliki kerjasama yang erat dengan beberapa market place. Namun ada kalanya, market place inilah yang menyebabkan kendala pengecekan resi tidak dapat dilakukan. Karena terkadang market place mengalami kendala seperti server yang mengalami down ataupun kendala lainnya.

 

  1. Pilih Waktu yang Tepat

Terakhir, anda harus menemukan waktu yang tepat untuk melakukan pengecekan resi. Karena disampaikan sebelumnya mungkin saja server tengah down dan menyebabkan kendala. Pilihlah waktu yang tepat untuk melakukannya, misalnya tengah malam ataupun pagi hari. Hal ini akan mendukung cek resi standard express dapat berjalan dengan lancar.

Baca juga : 5 Cara Komplain JNE Salah Satunya Melalui Call Center JNE

Bagaimana Cara Cek Resi Standar Expres?

Banyak yang mengalami kendala saat melakukan pengecekan resi layanan ini. Namun anda tidak boleh termakan hal tersebut sebelum mencobanya, karena kini tersedia beberapa cara yang dapat dilakukan,

  1. JNE

Anda merupakan salah satu ekspedisi yang ternama di dalam negeri. Rupanya JNE dapat membantu pula untuk melakukan pengecekan resi. Caranya mudah, yaitu menggunakan akun shopee yang dimiliki. Nantinya dari sana akan didapati nomor resi standar expres shopee. Dari sanalah, pengecekan resi ke JNE dapat dilakukan.

 

  1. Website Bea Cukai

Karena pengiriman barang yang dilakukan berasal dari luar negeri, anda dapat melakukan pengecekan resi melalui situs resmi bea cukai. Caranya, buat terlebih dahulu akun website resmi bea cukai. Kemudian masukkan nomor resi dan ketahui di mana posisi barang yang dikirimkan. Periksa secara menyeluruh, karena mungkin saja barang belum tiba karena kendala tertentu.

 

  1. Marketplace

Cara lain yang dapat dimanfaatkan adalah cek resi standard express shopee. Untuk memanfaatkannya anda perlu memiliki akun marketplace. Setelahnya bukan akun tersebut dan masuk dalam menu pesanan. Dalam menu tersebut akan ditemukan berbagai penjelasan termasuk nomor resi. Kemudian pengecekan posisi barang dapat dilakukan dengan lebih mudah.

 

  1. Website Cek Resi

Metode lainnya adalah memanfaatkan website cek resi. Saat ini tersedia beberapa website yang dapat digunakan untuk cek resi salah satunya www.cekresi.com. Anda hanya perlu mencari salah satu website yang dapat digunakan dan memberikan hasil yang diinginkan. Caranya tidak berbeda dibandingkan cara lain, yakni memasukkan resi dan temukan jawabannya.

Dari hal ini, dapat diketahui bahwa cek resi dapat dilakukan setelah nomor resi didapat. Namun untuk kualitas standard express tidak dapat dikatakan buruk karena sebuah kendala. Anda perlu memperhatikan beberapa hal yang mungkin menjadi kendala dalam pengecekan resi. Karena hal inilah yang menyebabkan kendala dalam pengecekan resi, sehingga posisi barang tidak dapat diketahui.

Related posts