Shopee Paylater, Fitur Belanja Sekarang Bayar Nanti

  • Whatsapp

Belanja online kini menjadi pilihan utama banyak orang saat belanja. Dari banyaknya ecommerce yang tersedia, Shopee yang menjadi pilihan utama. Mengapa? Karena shopee berikan beragam fitur menarik dan menguntungkan bagi konsumennya. Salah satunya kehadiran shopee paylater yang kini banyak digilai oleh pecinta belanja. Namun apakah kelebihan fitur ini?

Fitur paylater dari Shopee adalah fitus yang memberikan pinjaman pada pelanggan. Tidak main-main, fitur ini diawasi secara langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kehadiran paylater memberikan kesempatan bagi konsumen untuk mendapatkan barang terlebih dahulu. Sementara pembayaran shopee paylater dapat dilakukan setelahnya. Lantas, bagaimana cara kerja lengkap paylater?

Kenalan dengan Shopee Pinjam atau Paylaterkenalan dengan shopee pinjam atau paylater

Setelah dikenalkan oleh Shopee, fitur paylater akhirnya diikuti oleh ecommerce lainnya. Salah satunya kehadiran Tokopedia paylater dan ecommerce lainnya. Namun cara kerja yang diberikan tentu berbeda, untuk Shopee tanggal jatuh tempo dapat dipilih sendiri. Umumnya, tanggal jatuh tempo yang tersedia adalah tanggal 5 ataupun 11 dalam setiap bulannya.

Paylater dapat digunakan untuk pembelian barang-barang elektronik, makanan, fashion ataupun kebutuhan rumah tangga. Namun untuk anda yang akan melakukan pembayaran tagihan, pulsa atau voucher tidak dapat menggunakannya. Selain itu, tidak semua orang dapat menggunakannya untuk keperluan belanja. Lantas, siapakah yang berhak menggunakannya?

Belajar Mengenal Limit Shopee Paylater

Fitur paylater dapat dikatakan sebagai fitur khusus. Karena shopee paylater tidak muncul, jika anda bukan orang terpilih. Dalam hal ini, pelanggan telah melakukan pengajuan dan melengkapi semua persyaratan yang diwajibkan. Jika dinyatakan lolos dan berhasil, maka proses selanjutnya adalah memahami limit yang diberikan oleh paylater. Karena setiap dana yang diberikan memiliki limit tertentu untuk peminjam.

Sama dengan lembaga pinjaman lainnya, Shopee memiliki limit untuk setiap pelanggannya. Namun limit untuk pelanggan memiliki jumlah yang berbeda-beda. Lantas apakah yang membedakannya? Total limit dibedakan dengan seberapa sering anda melakukan belanja. Karenanya, inilah cara menaikan limit shopee paylater dalam waktu singkat, yaitu memperbanyak belanja. Informasi selengkapnya mengenai shopee pay later bias anda akses di www.shopee.co.id.

Bagaimana Aturan Bunga Shopee Pay Later?

Dalam memberikan pinjaman, Shopee menerapkan bunga untuk seluruh konsumennya. Shopee paylater bunga yang diberlakukan sekitar 0-2.95%. Jumlah bunga yang diberikan disesuaikan dengan penawaran yang diberikan sebelumnya. Jika beruntung, anda bisa mendapatkan paylater tanpa bunga sepersen pun. Namun apakah paylater ini termasuk riba dan tidak sesuai syariat?

Jika anda berencana menggunakan paylater sebagai metode pembayaran, sebaiknya kembali berpikir. Karena menurut akadnya, akad kredit paylater bukanlah akad syariah. Artinya, shopee pay later riba nyata adanya. Jika tidak sepakat dengan cara kerjanya, sebaikya tidak perlu mengikuti fasilitas ini. Jadi, tidak menganggu keimanan ataupun aktivitas jual beli yang digeluti.

Baca juga : Call Center Shopee Terbukti Paling Cepat Mendapat Balasan

Bagaimana Cara Menonaktifkan Shopeepaylater?

Saat anda tidak lagi membutuhkan fitur paylater, fitur ini dapat dinonaktifkan. Namun cara kerjanya berbeda dengan aktivasi yang dijalankan dengan mengikuti langkah-langkah tertentu. Karena cara non aktifkan shopee paylater adalah membiarkannya selama dua bulan. Setelahnya paylater akan non aktif secara otomatis.

Bagaimana Cara Membayar Tagihan Shopee Paylater?bagaimana cara membayar tagihan shopee paylater

Setelah berhasil melakukan pengajuan, anda dapat berbelanja peralatan yang diinginkan. Tidak perlu ditanyakan apakah shopee paylater bisa dicairkan? Karena paylater hanya berlaku untuk pinjaman dan dana belanja. Namun perhatikan pula kapan jatuh tempo dan pembayaran cicilan harus dilakukan. Kemudian, cari tahu dimana pembayaran cicilan dapat dilakukan.

Metode pembayaran paylater dapat dilakukan dengan tunai ataupun cicilan. Cara cicilan di shopee lewat Indomaret dapat dilakukan dengan mudah. Anda dapat mendatangi counter dan memberikan nomor virtual account shopee. Cara lainnya adalah memanfaatkan transfer bank ataupun melakukan pembayaran melalui kartu kredit.

Bagaimana Pengalaman Shopee Paylater Kebanyakan Orang?

Kebanyakan orang merasa bahagia dengan kehadiran fitur paylater. Karena fitur ini membantu untuk mendapatkan berbagai kebutuhan yang belum pernah didapat sebelumnya. Terlebih pembayarannya dapat dilakukan dengan cicilan melalui beberapa penyedia layanan. Belum lagi adanya fitur shopeepay yang dapat dimanfaatkan, agar pembayaran dapat lebih ringan.

Dalam penggunaan paylater anda harus berhati-hati. Karena adakalanya, paylater mengalami kendala. Beberapa shopee pay later review menyatakan bahwa paylater sulit untuk digunakan. Salah satunya karena dana tidak dapat dicairkan. Alasan lainnya karena metode pembayaran yang hanya disediakan di tempat-tempat tertentu, sehingga menyulitkan proses pembayaran.

Dampak Keterlambatan Pembayaran

Saat anda tidak melakukan pembayaran dengan segera, terdapat beberapa dampak yang akan dirasakan. Pertama, pembekuan akun shopee. Akun shopee yang dinilai tidak melakukan pembayaran dalam waktu tertentu, akan dibekukan akunnya. Kedua, pemilik akun akan dikenakan denda sebesar 5% dari total tagihan yang dimiliki. Namun perhitungannya disesuaikan dengan waktu keterlambatan.

Ketiga, akun pemilik akan tercatat dalam Sistem Layanan Informasi Keuangan OJK. Bila anda tercatat dalam OJK, maka proses pinjam meminjam di tempat lain akan sulit dilakukan. Dampak terburuk yang akan terjadi adalah adanya penagihan lapangan. Pelanggan akan didatangi kediamannya, untuk diminta melakukan pembayaran sesegera mungkin.

 

4 Alasan Kenapa Shopee Paylater Tidak Bisa Digunakan?

Paylater anda tidak kunjung dapat digunakan? Ada beberapa kendala yang dapat menyebabkan hal ini terjadi. Apa saja kendala yang dimaksud? Ini jawabannya,

  1. Syarat Tidak Terpenuhi

Pertama, shopee paylater tidak dapat digunakan jika anda tidak memenuhi syarat yang diwajibkan. Bila hal ini terjadi, maka fitur pay later tidak akan muncul di akun shopee yang dimiliki. Solusi kendala ini adalah segera penuhi setiap syarat yang diwajibkan. Semakin cepat pemenuhan syarat dilakukan, maka semakin cepat paylater dapat digunakan.

 

  1. Kesalahan Upload

Kendala lain yang dapat menyebabkan paylater tidak dapat digunakan adalah adanya kesalahan upload. Salah satu syarat dalam penggunaan pay later adalah mengupload foto selfie dan E-KTP. Jika terdapat kesalahan dalam upload dokumen yang tidak pas, maka shopee paylater error yang akan terjadi. Dampaknya, paylater tidak dapat digunakan.

 

  1. Paylater Hilang

Apakah anda pernah mengalami kendala ini? Hal ini dapat terjadi karena anda tidak menggunakannya dalam waktu lama. Paylater memiliki limit penggunaan selama dua bulan. Setelah dua bulan, paylater tidak digunakan, maka shopee paylater hilang. Untuk melakukan pinjaman kembali, pelanggan harus menanyakan pada customer service.

 

  1. Pengguna Baru

Saat baru menggunakan shopee, anda belum bisa menggunakan paylater. Hal inilah yang menyebabkan kenapa tidak ada pilihan shopee paylater. Sebagai solusinya, tunggulah beberapa saat hingga akun dapat menggunakan pay later. Akun yang diperkenankan untuk menggunakan paylater adalah akun yang telah berusia selama tiga bulan.

Banyaknya kendala yang menganggu penggunaan paylater, tidak menjadi alasan untuk mencobanya. Karena shopee paylater memiliki lebih banyak kelebihan dibanding kekurangan. Namun dalam penggunaan, selalu perhatikan waktu dan tempat pembayaran dilakukan. Jadi, tidak ada keterlambatan ataupun denda yang harus dibayarkan karena adanya keterlambatan dalam pembayaran.

Pos terkait