Kode Bank Muamalat dan Cara Transfer ke Bank Muamalat

  • Whatsapp

Kode Bank Muamalat – Bank Muamalat yang berdiri sejak tahun 1991, telah menjadi salah satu layanan perbankan terbaik yang menerapkan prinsip syariah dalam operasionalnya. Bank yang diperkasai oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta pemerintahan negara Indonesia ini kerap menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat untuk tempat penyimpanan uang atau harta yang paling aman dan terpercaya.

gambar kode bank muamalat
Sumber Gambar : bisnis.com

Sama halnya dengan bank lainnya, Bank Muamalat juga menjalankan fungsi-fungsi perbankan lainnya, seperti transfer, setor tunai, dan penarikan. Selain itu, bank ini juga memiliki kode bank tertentu untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi transfer dana. Kode Bank Muamalat tersebut juga dapat ditemukan pada deretan daftar kode bank ketika ingin melakukan transfer melalui ATM umum.

Kode Bank Muamalat

Kode bank yang dimiliki oleh semua layanan perbankan pada dasarnya adalah suatu kode transfer yang dibuat untuk memudahkan perusahaan perbankan dalam mengidentifikasi transaksi oleh bank lainnya. Selain itu, kode ini juga dapat dijadikan sebagai identitas bank bersangkutan agar transaksi dan komunikasi antar bank dapat berjalan dengan lebih mudah dan lancar.

Setiap kode bank yang ada terdiri dari 3 digit angka yang berbeda-beda, baik itu bank swasta maupuan pemerintah. Kode bank ini digunakan pada saat nasabah ingin melakukan transfer antar bank melalui gerai ATM.

Kode Bank Muamalat(147) nantinya akan dimasukkan bersamaan dengan nomor rekening Bank Muamalat tujuan transfer, dimana kode bank akan disimpan di depan nomor rekening bank tujuan. Namun, jika transaksi transfernya hanya dilakukan ke sesama rekening Muamalat, maka kode tersebut tidak perlu dimasukkan.

Cara Transfer ke Bank Muamalat

inilah kode bank muamalat
Sumber Gambar : cnbcindonesia.com

Dalam melakukan transfer antar bank, kode bank tujuan harus dimasukkan bersamaan dengan nomor rekening tujuan bank bersangkutan. Sebab kode bank tersebut sangat penting untuk mengidentifikasi bank tujuan transfer.Oleh sebab itu, setiap bank pasti memiliki kode transfer yang berbeda-beda, dimana kode Bank Muamalat sendiri yaitu 147.Adapun cara penggunaan kode bank ini adalah sebagai berikut:

  1. Silahkan kunjungi gerai ATM sesuai dengan jenis rekening bank yang dimiliki.
  2. Masukkan kartu ATM dengan posisi yang benar, lalu masukkan PIN untuk masuk ke layanan ATM.
  3. Jika telah masuk ke layanan utama ATM, silahkan pilih menu “Transaksi Lainnya”, lalu pilih “Transfer”.
  4. Untuk melakukan transaksi antar bank, Anda dapat memilih opsi “Transfer Antar Bank Online”.
  5. Pada tahap ini, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor rekening bank tujuan, dimana dalam hal ini adalah Bank Muamalat. Oleh karena itu, sebelum memasukkan nomor rekening Bank Muamalat tujuan, Anda harus memasukkan kode Bank Muamalat (147) di depan nomor rekeningnya.
  6. Jika sewaktu-waktu Anda lupa berapa kode bank tujuan transfer yang akan Anda lakukan, silahkan pilih opsi “Kode Bank” yang umumnya berada di bagian kanan bawah monitor. Anda akan diperlihatkan deretan kode bank sesuai dengan nama bank-bank bersangkutan. Jika telah menemukan kode bank yang dicari, kembali ke halaman sebelumnya untuk melanjutkan proses transaksi.
  7. Selanjutnya, masukkan jumlah nominal dana yang akan ditransfer dan tekan “Ya” untuk melanjutkan.
  8. Layar monitor ATM akan menampilkan kembali seluruh informasi mengenai transaksi yang akan Anda lakukan dan periksa kembali semua data dan informasi yang tertera.
  9. Jika semua informasi telah sesuai, tekan “Benar” untuk menyelesaikan transaksi.
  10. Tunggu beberapa saat hingga transaksi berhasil dan ambil struk yang keluar sebagai tanda bukti.

Baca Juga : Inilah Batas Transfer ATM BCA yang Perlu Diketahui

Pertanyaan & Jawaban

Berapa kode Bank Muamalat?

Kodenya adalah 147.

Mengapa Transfer ke Bank Muamalat gagal?

Transfer gagal dapat disebabkan karena salah memasukkan kode bank atau salah memasukkan nomor rekening tujuan.

Bagaimana jika tanpa kode bank?

Transfer tanpa kode bank hanya dilakukan untuk transfer ke sesama bank Muamalat. Proses transaksi hanya akan gagal jika transfer ke bank berbeda namun tanpa kode bank.

Demikianlah ulasan mengenai kode Bank Muamalat beserta cara transfer ke Bank Muamalat melalui ATM pada artikel ini. Semoga segala informasi yang ada dalam artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi tambahan informasi penting yang Anda butuhkan.

Related posts