Kode Bank Jatim beserta Cara Penggunaannya

  • Whatsapp

Kode Bank Jatim – Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur atau biasa disebut Bank Jatim merupakan salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Jawa Timur yang berdiri sejak tahun 1961. Bank ini umumnya difungsikan oleh para Pegawai Negeri Sipil sebagai tempat pembayaran gaji non tunai mereka. Namun, karena saat ini Bank Jatim telah bekerjasama dengan OJK, maka perorangan juga bisa bergabung menjadi nasabah.

cara mengetahui kode bank jatim

Seperti halnya bank umum lainnya, penggunaan Bank Jatim tidak hanya untuk tempat penyimpanan uang saja, tetapi juga dapat digunakan untuk bertransaksi seperti penarikan tunai, transfer, cek saldo, dan transaksi lainnya. Selain itu, bank ini juga memiliki kode bank khusus seperti halnya bank-bank lainnya. Di mana kode Bank Jatim tersebut digunakan untuk kebutuhan transfer antar bank berbeda.

Kode Bank Jatim

Kode khusus yang umumnya dimiliki oleh setiap bank adalah suatu kode yang menjadi syarat penting ketika nasabah akan melakukan transaksi transfer antar bank. Bentuk dari kode bank tersebut terdiri dari 3 digit angka, yang mana baik itu bank swasta maupun bank pemerintah memiliki digit yang berbeda-beda.

Fungsi dari kode tersebut yaitu untuk memudahkan proses identifikasi transaksi yang dilakukan kepada bank yang berbeda. Kode bank itu sendiri hanya digunakan jika nasabah melakukan transfer dana melaluigerai ATM, M-Banking, maupun Internet Banking. Sedangkan jika melalui kantor cabang bank bersangkutan, kode tersebut tidak dibutuhkan.

Bank Jatim sendiri memiliki kode bank 114. Agar para nasabah lebih mudah mengingat dan menemukan kode untuk setiap bank, umumnya daftar kode bank tersebut akan tersedia di layanan ATM ketika akan melakukan transaksi antar bank, tak terkecuali untuk kode Bank Jatim tersebut.

Cara Transfer ke Rekening Bank Jatim

berapakah kode bank jatim

Perlu diketahui sebelumnya bahwa penggunaan kode Bank Jatim tersebut hanya digunakan pada saat ingin melakukan transfer ke rekening Bank Jatim dan berasal dari rekening bank yang berbeda, seperti Bank BRI, BNI, Mandiri, dan bank lainnya. Sementara untuk transfer ke sesama bank Jatim, kode bank tersebut tidak perlu lagi digunakan. Agar lebih memahami penggunaan kode tersebut, berikut adalah tata cara transfer ke rekening Bank Jatim melalui ATM.

  1. Kunjungi gerai ATM terdekat sesuai dengan rekening bank yang dimiliki.
  2. Selanjutnya, masukkan kartu ATM pada mesin ATM, lalu masuk ke layanannya dengan menginput PIN.
  3. Setelah masuk ke layanan utama ATM, silahkan pilih menu “Transaksi Lainnya”, lalu pilih “Transfer” dan dilanjutkan dengan memilih opsi “Transfer Antar Bank Online”.
  4. Pada tahap ini, nasabah akan diminta memasukkan nomor rekening tujuan, yang mana dalam hal ini adalah nomor rekening Bank Jatim. Namun, sebelum memasukkan nomor rekening tersebut, Anda harus memasukkan Kode Bank Jatim (114) terlebih dahulu sebelum menuliskan nomor rekening tujuannya. Anda juga bisa memilih menu “Daftar Kode Bank” yang berada di bagian bawah monitor, jika sewaktu-waktu Anda lupa berapa kode bank tujuan tersebut.
  5. Setelah memasukkan nomor rekening tujuan, silahkan masukkan jumlah nominal dana yang akan ditransfer.
  6. Selanjutnya, layanan ATM akan menampilkan sejumlah informasi mengenai transaksi yang akan Anda lakukan. Periksa kembali informasi yang tertera dan tekan “Benar” jika telah sesuai.
  7. Tunggu beberapa saat hingga proses transaksi berhasil dan mesin ATM akan mengeluarkan struk sebagai tanda bukti transaksi.

Pertanyaan & Jawaban

Berapa kode bank untuk transfer ke Bank jatim?

Kode bank untuk transfer ke Bank Jatim adalah 114.

Apakah bisa transfer tanpa kode bank?

Transfer tanpa menggunakan kode bank hanya bisa dilakukan jika proses transaksi adalah transfer ke sesama bank yang sama.

Mengapa transfer ke Bank Jatim gagal?

Proses transfer ke Bank Jatim yang gagal dapat disebabkan oleh kesalahan menulis kode bank ataupun nomor rekening tujuan. Transfer juga bisa gagal akibat saldo Anda tidak mencukupi.

Demikianlah informasi seputar kode Bank Jatim beserta cara penggunaannya dalam transaksi. Diharapkan segala informasi yang ada pada artikel ini dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang membutuhkannya.

Related posts