Gunakan Simulasi KPR dan Temukan Berapa Cicilan Tiap Bulan

  • Whatsapp

Siapa yang tidak ingin memiliki rumah idaman? Tentu setiap orang menginginkannya dan hidup nyaman didalamnya. Namun terkadang, impian ini sulit tercapai karena harga rumah setiap tahunnya semakin meningkat. Karenanya kini hadir layanan KPR yang dapat membantu mewujudkan rumah impian dalam waktu singkat. Lantas, bagaimana dengan pembayarannya? Simulasi KPR adalah jawabannya.

Saat ini setiap penyedia pinjaman berlomba menyediakan fitur-fitur yang dibutuhkan nasabahnya. Salah satunya kehadiran simulasi harga rumah ideal yang dapat membantu menghitung berapa cicilan yang harus dibayarkan dalam setiap bulannya. Tentunya hal ini disesuaikan dengan suku bunga yang berlaku di tempat peminjaman. Lantas, bagaimana cara memanfaatkan simulasi tersebut?

Apa Itu KPR dan Simulasi KPR?

Sebelum menggunakan sebuah produk, penting untuk mengetahui apa makna produk tersebut. Karenanya, penting untuk anda memahami makna KPR rumah. KPR rumah adalah kredit perumahan rakyat yang disediakan untuk mereka yang membutuhkan bantuan dana untuk memiliki rumah. Tidak main-main, program ini dimiliki hampir oleh seluruh bank di Indonesia.

Tidak hanya memahami makna KPR Rumah, penting untuk anda memahami apa yang dimaksud dengan simulasi dari KPR tersebut. Karena keduanya memiliki hubungan yang erat dan memiliki makna tersendiri. Simulasi dimaknai sebagai percobaan perhitungan dari dana yang dipinjam di bank. Namun setiap bank memiliki simulasi masing-masing, contoh simulasi KPR syariah akan berbeda dengan bank konvensional.

Beragam Bank Penyedia Simulasi KPRberagam bank penyedia simulasi kpr

Mengingat pentingnya, fitur simulasi setiap bank berlomba membuatnya. Hingga kini, tercatat cukup banyak bank yang memilikinya. Siapa saja yang termasuk didalamnya?

  1. Simulasi KPR Niaga

Simulasi ini merupakan miliki bank CIMB Niaga yang telah dipercaya banyak nasabahnya. Dalam simulasinya anda diharuskan memilih suku bunga yang sesuai dengan kemampuan dan suku bunga KPR 2020 atau yang terbaru. Hal ini penting, sehingga bunga yang diberikan bukanlah bunga yang disesuaikan secara sembarangan.

 

  1. Simulasi KPR Mandiri

Banyak  orang yang lebih memilih menggunakan Mandiri sebagai bantuan dananya. Hal ini dikarenakan Mandiri memiliki suku bunga KPR Mandiri 2020 yang lebih rendah. Tidak hanya itu, penggunaan simulasi pun dibuat dengan mudah, sehingga dapat digunakan oleh setiap kalangan. Dalam simulasi, mandiri pun disediakan dua opsi yakni disesuaikan dengan gaji atau waktu.

 

  1. Simulasi KPR BRI

Sebagai salah satu BUMN, BRI tidak mau ketinggalan dan menghadirkan fitur simulasi untuk nasabahnya. Fitur ini dapat dinikmati pada website www.bri.co.id. Website ini juga akan menjelaskan berbagai ulasan terkait syarat KPR BRI hingga suku bunga terbaru. Jika tertarik memanfaatkannya, anda dapat mengunjungi website dan temukan semua jawabannya.

 

  1. Program KPR BNI

Tidak mau ketinggalan, BNI pun mengeluarkan simulasi untuk progam KPRnya. Simulasi dibuat dengan nama simulasi griya dalam bentuk form. Form inilah yang harus diisikan oleh nasabah yang berencana memulai program KPR BNI Syariah atau konvensional. Hal yang perlu diperhatikan adalah lakukan pengisian dengan benar, agar hasil yang diberikan pun valid.

 

  1. Simulasi KPR BCA

Jika tidak suka dengan bank-bank sebelumnya, anda dapat memilih BCA sebagai penyedia jasa pinjaman. BCA memiliki layanan yang baik dengan bunga KPR BCA yang rendah. Untuk lebih meyakinkan anda dalam menggunakan jasanya, periksa website BCA dan temukan berbagai ulasannya. Karena banyak yang telah menggunakannya dan mendapatkan beragam keuntungan.

 

  1. Simulasi KPR BTN

BTN telah sejak lama dikenal sebagai bank yang memberikan program KPR. Hal ini semakin diperkuat dengan beragamnya program yang diberikan oleh BTN. Sebut saja salah satunya, KPR milenial BTN yang dikhususkan untuk pembelian apartemen atau kebutuhan lainnya. Sama seperti bank lainnya, BTN pun menyediakan fitur simulasi sebagai persiapan pinjaman nasabah.

 

  1. Simulasi KPR Danamon

Satu lagi bank yang sediakan simulasi adalah Bank Danamon. Danamon termasuk bank swasta yang telah dipercaya oleh nasabahnya hingga kini. Anda yang tidak tertarik dengan KPR Mandiri dapat menjadikannya sebagai pilihan. Karena Danamon memberikan pinjaman yang cukup besar dengan waktu pinjam cukup besar dan minimal bunga.

Mengapa Simulasi Penting?

Banyak bank yang telah memberikan layanan simulasi bagi nasabahnya. Namun orang di luar sana masih kebingungan dengan fungsi simulasi tersebut. Apakah anda salah satunya?

  1. Persiapan

Hal utama dari penggunaan sebuah simulasi adalah persiapan. Persiapan dana yang harus dilakukan oleh nasabah sebelum peminjaman dilakukan. Contoh, dalam simulasi KPR BNI, anda dapat mengetahui cicilan yang  dibayarkan dalam setiap bulan. Tentunya, hal ini disesuaikan dengan jumlah DP yang dimiliki.

 

  1. Pengecekan Suku Bunga

Keuntungan lainnya adalah memperhatikan suku bunga yang tersedia. Anda dapat memilih kapan cicilan akan dilakukan dengan mengetahui suku bunga yang tersedia dalam simulasi KPR Permata. Bila dirasa tepat untuk menggunakan jasa karena bunga sedang minim, maka proses pengecekan melalui simulasi telah berhasil dilakukan.

 

  1. Perkiraan Waktu Pinjaman

Setiap orang yang menggunakan jasa pinjaman harus memperhatikan waktu pinjaman yang dilakukan. Hal ini penting, karena pinjaman mungkin akan dilakukan dalam waktu panjang bahkan seumur hidup. Karenanya simulasi KPR Panin adalah pilihan tepat untuk dilakukan sebelum program diajukan.

Baca juga : Pinjaman Uang, Solusi Tepat Dapatkan Barang Idaman

Bagaimana Cara Kerja Simulasi?bagaimana cara kerja simulasi

Belum tahu bagaimana cara kerja simulasi program KPR? Untuk mengetahuinya, anda dapat membaca pada ulasan berikut ini,

  1. Harga Pembelian Rumah

Dalam simulasi anda akan diminta mengisikan beberapa form. Salah satu form yang harus diisikan adalah harga pembelian rumah. Tidak perlu benar 100%, karena yang terpenting adalah range harga rumah yang diinginkan. Melalui harga ini pula dapat diketahui berapa variasi cicilan yang harus dibayarkan.

 

  1. Uang Down Payment

Berikutnya anda perlu memperhatikan berapa uang muka yang harus dibayarkan. Form ini harus diisikan sehingga diketahui berapa sisa dana yang harus bank berikan. Umumnya, uang muka diberikan sebesar 10% dari harga rumah yang diinginkan. Sedangkan biaya lainnya dapat disesuaikan dengan tabel KPR BRI 2020 atau kesepakatan lainnya.

 

  1. Plafon Pengajuan Pinjaman

Inilan dana yang harus anda pinjam dari bank, yang dikenal dengan plafon. Dalam kalkulator KPR rumah dijual, form ini harus diisikan. Karena bank akan menghitung cicilan melalui besaran dana tersebut. Semakin besar biaya yang dipinjam, maka semakin besar cicilan yang harus dibayarkan. Hal ini berlaku sebaliknya, sehingga perlu diperhatikan secara matang penggunakannya.

 

  1. Bunga Pinjaman

Terakhir, cicilan akan ditentukan oleh bunga pinjaman. Dalam penyedia jasa pinjaman, tersedia beberapa pilihan bunga. Anda harus pandai dalam menentukan bunga yang akan dikenakan. Karena poin ini merupakan poin penentu utama dalam besaran cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Kehadiran simulasi KPR, memberikan kemudahan bagi nasabah untuk mengetahui cicilan yang harus dibayarkan dalam setiap bulannya. Namun nasabah pun harus berhati-hati, karena simulasi tidak sepenuhnya tepat dalam menentukan biaya. Karenanya, mendatangi bank secara langsung adalah pilihan terbaiknya.

Pos terkait