Contoh Surat Lamaran CPNS, Persiapan CPNS Tahun Depan

  • Whatsapp

Surat lamaran merupakan persyaratan utama dalam melamar pekerjaan. Tidak hanya pekerjaan swasta, instansi pemerintah pun membutuhkannya. Karenanya dalam setiap pembukaan CPNS, setiap pelamar berlomba untuk membuat surat lamaran yang terbaik. Namun karena sulit dan harus detail, diperlukan contoh surat lamaran CPNS yang dapat dijadikan referensi.

Dalam penerimaan CPNS, terdapat beberapa kementrian yang menyediakan contoh surat lamaran PNS. Namun ada pula beberapa kementrian yang mengharuskan pelamar membuatnya secara mandiri. Hal inilah yang menyulitkan bagi pelamar. Berkaca dari hal ini, maka kesempatan kali ini akan disampaikan bagaimana cara membuat surat lamaran untuk instansi-instansi tertentu.

Apa Itu Surat Lamaran?

Bagi yang belum memahami makna surat lamaran, membuat surat lamaran CPNS merupakan hal yang sulit. Untuk itu, penting memahami makna surat lamaran sebagai awal pembuatan surat. Surat lamaran adalah surat pribadi yang tergolong sebagai surat formal. Surat ini dibuat dengan tujuan mendapatkan sebuah kedudukan di perusahaan tujuan.

Hal ini disesuaikan pula dengan tempat lamaran akan diajukan. Bila surat dibutuhkan untuk melamar CPNS, maka bagian awal surat harus diperhatikan. Jangan sampai melakukan kesalahan dan menyebabkan lamaran ditolak. Untuk membantu adalam membuat surat lamaran kerja yang berkualitas dan mempermudah diterima bekerja, bagian selanjutnya akan menjelaskannya secara lengkap.

Bagaimana Format Surat Lamaran CPNS?bagaimana format surat lamaran cpns

Apakah surat lamaran CPNS memiliki format yang sama dengan surat lamaran di perusahaan? Bila dilihat secara seksama akan terlihat sama. Namun untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan dibawah ini,

  1. Pembuka

Bagian awal surat dapat dimulai dengan tanggal pembuatan surat. Tuliskan secara lengkap, termasuk penjelasan di mana surat dibuat. Kemudian jelaskan siapakah tujuan dari surat tersebut. Bagian ini penting dan jangan sampai salah menuliskannya, karena sedikit kesalahan dapat menyebabkan penolakan. Karenanya, pastikan seluruhnya dituliskan dengan benar.

 

  1. Identitas Pelamar

Bagian berikutnya adalah identitas pelamar. Umumnya diisikan nama, tempat tanggal lahir, alamat, nomor telepon dan identitas penting lainnya. Berkaca dari hal ini, dapat dikatakan bahwa format ini sama dengan format surat lamaran kerja. Jadi, anda dapat menjadikan surat lamaran yang pernah dibuat sebagai contoh dalam membuat surat melamar CPNS.

 

  1. Persyaratan Pelengkap

Dalam surat lamaran untuk CPNS juga dibutuhkan persyaratan yang akan dilampirkan. Anda harus menuliskannya secara lengkap, sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Contohnya, dilampirkan surat keterangan lulus kuliah, KTP, akte kelahiran, transkrip nilai, kartu keluarga dan syarat lain yang telah disampaikan sebelumnya.

 

  1. Penutup

Terakhir, anda harus melengkapi surat dengan penutup. Penutup umumnya berisi ucapan terima kasih pada pembaca surat. Bagian ini juga dapat disampaikan dengan menyatakan bahwa isi surat tersebut merupakan asli dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Lantas bagaimana bentuk surat tersebut? Anda dapat melihatnya dalam contoh lamaran CPNS di bagian berikutnya.

 

  1. Tanda Tangan

Setelah penutup, pelamar harus menambahkan tanda tangan pada surat. Hal ini penting, karena tanda tangan merupakan perlambang sah tidaknya surat yang dikirimkan. Pada bagian ini pula, anda membubuhkan materai 6000. Pastikan bahwa materai tersebut masih berlaku, sehingga tidak ada masalah materai tidak berlaku di kemudian hari.

Baca juga : Contoh Slip Gaji Sederhana, Cocok Untuk Teman Belajar!

5 Instansi dengan Surat Lamaran Berbeda5 instansi dengan surat lamaran berbeda

Pada umumnya, format lamaran yang digunakan untuk setiap instansi tergolong sama. Namun terdapat instansi-instansi khusus yang memiliki format tersendiri untuk surat lamarannya. Berikut informasinya,

  1. Mahkamah Agung

Apakah anda berminat melamar pada instansi Mahkamah Agung? Jika iya, segera siapkan surat-surat dan persyaratan yang dibutuhkan, utamanya surat lamaran dan surat pernyataan. Pelamar diharuskan membuat surat dengan format tertentu. Jadi, pelamar tidak boleh salah dalam membuatnya. Setiap detail penting untuk kelangsungan lolos tidaknya ke tahap berikutnya.

 

  1. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Berikutnya terdapat Kemendikbud yang mengharuskan pelamar membuat surat lamaran CPNS tulis tangan. Banyak yang akhirnya merasa tulisannya tidak bagus sehingga meminta bantuan orang lain. Namun, bila anda merasa cukup percaya diri dengan tulisan, kirimkan tulisan tangan tersebut. Karena yang terpenting adalah kepercayaan diri dalam menuliskannya.

 

  1. Kementrian Luar Negeri

Berbeda dengan instansi lainnya, kemenlu memiliki format yang berbeda untuk surat lamarannya. Anda dapat mengikuti contoh surat lamaran CPNS kemlu yang terdapat dalam website. Namun pastikan bahwa telah memiliki semua dokumen yang dibutuhkan. Karena tidak hanya surat lamaran yang dibutuhkan, melainkan surat-surat lainnya pun demikian.

 

  1. Pemerintah Kabupaten

Ada beberapa pemerintah daerah yang mengharuskan pelamarnya membuat surat lamaran dengan tulis tangan. Namun format yang diberikan adalah format surat lamaran sscn BKN. Artinya, surat lamaran tersebut dapat dicontoh dari instansi-instansi lainnya. Namun anda perlu menyesuaikannya dengan syarat-syarat dokumen yang dibutuhkan.

 

  1. BKD Riau

Salah satu instansi yang membutuhkan surat lamaran dengan tulisan tangan adalah BKD Riau. Berbeda dengan instansi sebelumnya, surat lamaran dan pernyataan CPNS harus dibuat secara mandiri. Artinya, tidak ada format yang dapat dijadikan contoh. Pelamar diharuskan mencari contoh yang tepat dan cocok untuk melamar di BKD.

Bagaimana Contoh Surat Lamaran Kemenlu?

Kini anda tidak perlu kesulitan dalam menuliskan surat lamaran, karena telah hadir banyak contoh yang dapat dijadikan referensi. Salah satu contoh surat lamaran kerja CPNS dapat disimak dibawah ini,

Kepada Yang Terhormat

Menteri Luar Negeri RI

Di-

Jakarta

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                                    : Benny Hamonangan S.I.P

Tempat/Tanggal Lahir    : Medan, 22 Oktober 1992

Nomor KTP/Identitas     : 3254796332456221

Jenis Kelamin                     : Laki-Laki

Pendidikan Terakhir        : S1 Ilmu Politik

Mengajukan lamaran sebagai calon pelamar seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Luar Negeri Tahun Anggaran 2016 untuk Jabatan Fungsional Perencana.

Untuk memenuhi syarat administrasi pendaftaran, terlampir disampaikan kelengkapan dokumen yang diperlukan, sebagaimana tercantum dalam Pengumuman Seleksi Penerimaan CPNS Kementrian Luar Negeri Tahun Anggaran 2016. Dalam kaitannya dengan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada tahap Ujian Kemampuan Bahasa Asing, saya memilih untuk diuji menggunakan Bahasa Korea.

Demikian surat lamaran ini dibuat, adapun seluruh dokumen dan data yang dikirimkan adalah benar. Apabila di kemudian hari ditemukan data yang tidak sesuai, maka saya menerima keputusan Panitia Seleksi Penerimaan CPNS Kementerian Luar Negeri Tahun Anggaran 2016 untuk membatalkan keikutsertaan saya pada seleksi penerimaan CPNS Kementerian Luar Negeri Tahun Anggaran 2016.

Demikian disampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih,

Jakarta, 23 Juli 2016

Hormat Saya,

(Beny Hamonangan S.I.P)

Tidak hanya kementerian luar negeri yang memiliki format tertentu. Anda harus memperhatikan format dari instansi yang dilamar. Jika kesulitan, jadikanlah contoh surat lamaran CPNS di atas sebagai referensi. Karena nyata adanya, membuat surat lamaran tanpa adanya referensi akan sulit. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan contoh tersebut sebagai referensi dan kala diperlukan. Untuk info lebih lanjut tentang cpns bias diakses di sscn.bkn.go.id.

Pos terkait