Cek Status BPJS Kesehatan, Siapa Tau Kartu Anda Tidak Aktif!

  • Whatsapp

BPJS Kesehatan adalah program yang ditawarkan pemerintah untuk masyarakat Indonesia. Sesuai dengan namanya, program ini bergerak dalam bidang kesehatan dengan jumlah iuran yang cukup murah. Sudah menggunakan proragam ini? Sebaiknya perhatikan apakah status BPJS yang dimiliki telah aktif atau sebaliknya. Namun, bagaimana cara cek status BPJS kesehatan tersebut?

Pengecekan status bermanfaat untuk mengetahui status yang dimiliki kartu. Hal ini penting, agar saat digunakan tidak terjadi kendala yang menyebabkan kendala. Cek Status BPJS kini dapat dilakukan dengan metode, yaitu manual dan online. Anda dapat memilih salah satunya sebagai andalan dan mengetahui status terbaru kartu. Penasaran? Sesaat lagi jawaban pertanyaan tersebut akan diketahui.

Bagaimana Cara Cek Status BPJS Kesehatan?bagaimana cara cek status bpjs kesehatan

Selalu memperhatikan aktif tidaknya status dapat mencegah terjadinya kendala saat kartu akan digunakan. Pada bagian sebelumnya disampaikan bahwa terdapat dua cara cek kartu BPJS, yaitu manual dan online. Anda dapat memilih salah satunya untuk membantu pengecekan. Namun, pastikan cara yang dipilih tidak menyulitkan dan dapat memberikan jawaban dalam waktu singkat.

Cara pertama yang dapat digunakan adalah cara online. Anda yang mengikuti program kartu Indonesia Sehat dapat mengeceknya melalui website ataupun aplikasi. Cara kedua adalah menggunakan cara manual. Anda dapat mendatangi kantor untuk mengetahui apakah status kartu telah aktif atau sebaliknya. Butuhkan penjelasan lebih lanjut? Ulasan berikutnya akan membantu memahaminya lebih lanjut.

Bagaimana Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan Online?

Di era modern, cek status dapat dilakukan secara online. Selama anda terkoneksi dengan internet, metode ini sangat membantu untuk mengetahui status. Apa saja cara yang dapat dilakukan? Berikut jawabannya,

  1. Website

Anda dapat cek status dengan mengunjungi website BPJS www.bpjs-kesehatan.go.id. Website akan memberikan notifikasi, jika daftar BPJS online ataupun manual telah dilakukan selama 14 hari sebelumnya. Untuk mengeceknya, pengguna diwajibkan memasukkan nomor kartu, tanggal lahir dan angka validasi. Setelahnya akan diketahui berbagai penjelasan akun, seperti nama, nomor peserta dan status.

 

  1. Aplikasi

Cara lainnya adalah memanfaatkan aplikasi. Aplikasi yang dimaksud adalah mobile JKN yang dapat didownload melalui play store. Anda dapat menggunakannya setelah mendaftarkan diri dengan nomor BPJS. Tidak perlu khawatir dengan memori yang digunakan, karena memori yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Cara menggunakannya pun mudah untuk setiap kalangan.

 

  1. Chat Assistant

Anda tidak terbiasa dengan dua cara sebelumnya? Chat assistant dapat dijadikan pilihan lainnya. Pelanggan hanya perlu menghubungi kantor BPJS melalui whatsapp maupun telegram. Nomor yang dapat dihubungi untuk cek keanggotan BPJS Kesehatan online ini adalah 08118750400. Nomor dapat dihubungi dengan chat dan balasannya akan didapat dalam waktu singkat.

 

  1. Facebook Messenger

Tersedia satu lagi metode yang dapat digunakan untuk cek BPJS aktif atau tidak. Namun sebelum melakukannya, anda harus siapkan nomor BPJS yang dimiliki. Karena nomor inilah yang akan membantu petugas mengetahui status BPJS tersebut. Hal lain yang harus diperhatikan adalah akun facebook yang harus dituju. Jadi, tidak ada kesalahan dalam pengiriman pesan.

 

  1. Chika Chat

Layanan yang banyak digunakan adalah Chika chat yang akan membalas setiap kendala yang dialami. Anda juga dapat menanyakan hal-hal lain, seperti bagaimana jika lupa nomor BPJS atau menanyakan berapa tagihan yang harus dibayarkan. Tidak ada batasan waktu untuk memanfaatkannya, karena Chika chat akan selalu membalasnya.

Baca juga : Biaya BPJS Naik Turun? Tanya Call Center BPJS Kesehatan!

Cara Cek Keaktifan BPJS secara Manualcara cek keaktifan bpjs secara manual

Selain memanfaatkan cara online, anda dapat menggunakan cara manual untuk cek status BPJS Kesehatan yang dimiliki. Apa saja yang dapat dilakukan untuk mengetahuinya?

  1. Voice Interaktif

Metode berikutnya adalah menghubungi BPJS melalui panggilan telepon. Call center BPJS kesehatan dapat dihubungi di nomor 1500400. Nomor ini selalu aktif dalam 24 jam dan selama dibutuhkan, pengguna dapat menghubunginya. Setiap kendala yang dialami akan diselesaikan dengan waktu cepat melalui layanan ini.

 

  1. Petugas di Lapangan

Tidak hanya di kantor, petugas BPJS pun tersedia di lapangan. Petugas ini memiliki ciri khas dengan menggunakan rompi BPJS SATU. Tugas mereka adalah membantu anda yang terkendala dengan layanan BPJS, termasuk untuk checking BPJS masih aktif ataupun tidak. Jadi tidak perlu sulit-sulit menghubungi kantor ataupun memanfaatkan layanan lainnya.

 

  1. SMS

Pilihan lainnya adalah menggunakan SMS. Dalam mengirimkan SMS anda harus memasukan nomor KTP atau nomor kependudukan. Hal inilah yang dikenal dengan cara cek nomor BPJS kesehatan dengan KTP. Nomor yang dapat dihubungi untuk layanan ini adalah 087775500400. Sama seperti layanan telepon, balasan SMS akan didapat dalam waktu singkat.

 

  1. Mendatangi Kantor

Opsi lain yang dapat dilakukan adalah mendatangi kantor. Di seluruh Indonesia telah tersedia kantor BPJS yang dapat membantu anda untuk mengecek status kartu. Tidak hanya BPJS kesehatan, kantor ini juga dapat membantu untuk cek status BPJS kesehatan perusahaan. Karenanya mendatangi kantor menjadi pilihan banyak orang untuk mengatasi setiap kendala.

 

  1. Call Center

Terakhir, anda dapat menghubungi call center untuk mendapatkan jawaban atas status akun yang dimiliki. Call center yang disediakan oleh BPJS kesehatan cukup banyak, cukup manfaatkan salah satunya untuk mengetahui status yang dimiliki. Hal ini dapat pula dimanfaatkan untuk cek faskes BPJS yang dimiliki atau akan menaikan fasker ke kelas berikutnya.

Kapan Cara Cek Kartu BPJS digunakan?

Tidak hanya sebagai persiapan, pengecekan status juga berguna dalam waktu-waktu tertentu. Beberapa hal yang memungkinkan pengecekan dilakukan ada dibawah ini,

  1. Kartu BPJS Hilang

Kartu BPJS dapat saja hilang karena jatuh saat digunakan. Pada masa inilah anda perlu melakukan cek BPJS kesehatan aktif atau tidak. Utamanya saat kartu akan digunakan untuk persyaratan pembiayaan pengobatan. Umumnya bila hal ini terjadi, pemilik kartu melaporkan ke kantor BPJS. Sehingga langkah pertama dapat dilakukan dengan segera.

 

  1. Pembayaran BPJS Terlambat

Saat anda terlambat dalam melakukan pembayaran tentu ada konsekuensi yang harus diterima. Konsekuensi berupa penangguhan penggunaan kartu selama beberapa hari. Jika memang akan digunakan, disarankan melakukan cara mengecek kartu BPJS aktif atau tidak sebelumnya. Jadi diketahui apakah kartu dapat digunakan atau justru sebaliknya.

 

  1. Kartu Belum Dicetak

Apakah kartu yang belum dicetak status kartunya aktif? Anda dapat melakukan pengecekan saat kendala ini terjadi. Bila memang memungkinkan segera lakukan cetak kartu BPJS Kesehatan di kantor BPJS terdekat. Proses cetak juga dapat dilakukan secara online, di mana pencetakan dapat dilakukan secara mandiri dan siap digunakan setelahnya.

Jika ragu akan aktif tidaknya kartu, jangan pernah malas mencoba cek status BPJS kesehatan. Cara yang disediakan oleh BPJS cukup beragam. Pilihlah salah satunya untuk mendapatkan jawaban yang dibutuhkan. Jika jawaban status tidak sesuai dengan yang diharapkan, maka hubungi call center dan selesaikan dengan segera. Jadi, kartu BPJS dapat digunakan untuk kebutuhan pengobatan.

Pos terkait