Cara Registrasi Kartu Telkomsel Terbaru 2020

  • Whatsapp

Cara Registrasi Kartu Telkomsel —Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika telah mengeluarkan peraturan yang mewajibkan setiap pengguna telepon genggam atau telepon seluler untuk melakukan regristrasi kartu SIM baik yang lama maupun baru untuk semua operator, tidak terkecuali bagi pengguna TELKOMSEL sejak tahun 2017 yang lalu.

Untuk hari ini, SIM Card yang belum teregistrasi tidak akan bisa digunakan. Jadi, jika kamu ingin bisa menggunakan SIM Card baru, pastikan kamu telah meregistrasikannya. Nah, bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara registrasi kartu Telkomsel tidak usah bingung dan baca saja artikel ini sampai selesai.

Bagaimana Cara Registrasi Kartu Telkomsel?

Tidak terlalu sulit untuk melakukan registrasi kartu Telkomsel baru, bahkan terkadang saat pertama kali beli kartu Telkomsel, beberapa penjual sudah melakukan pendaftaran kartu yang hendak dijualnya. Sehingga kamu bisa langsung memakainya. Tapi tentu kamu akan bertanya, identitas siapa yang dipakai untuk melakukan pendaftaran? Kuatir kan kalo ternyata nomor kamu diklaim orang lain. Maka memang sebaiknya kamu melakukan registrasi kartu Telkomsel kamu secara mandiri.cara registrasi kartu telkomsel baru

Ada beberapa cara registrasi nomor Telkomsel yang bisa kamu lakukan secara mandiri. Baik registrasi kartu Telkomsel online ataupun offline dengan datang langsung ke konter GraPARI terdekat. Dua cara registrasi kartu Telkomsel baru berikut bisa kamu gunakan, sebab menurut kami itu merupakan cara registrasi yang paling mudah. Yuk simak dengan tuntas ya ulasan berikut ini!

1. Registrasi Kartu Telkomsel Online melalui SMS

Sejak tahun 2016 Pemerintahtelah mengeluarkan peraturan yang mewajibkan semua calon pelanggan dan pelanggan lama kartu prabayar melakukan registrasi, maka semenjak itu lah semua pelanggan Telkomsel wajib melakukan registrasi nomor dengan memvalidasi Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Salah satu cara registrasi kartu Telkomsel melalui SMS adalah cara yang termudah untuk dilakukan. Selain karena cepat, cara ini juga bebas biaya karena merupakan layanan pemerintah.

Adapun yang harus kamu lakukan jika kamu merupakan pengguna baru adalah:

Ketik REG NIK#Nomor KK#
Kirim ke 4444
Contohnya adalah REG 12345678135242675#321542541012345# lalu kirim ke nomor 4444.

Jika kamu merupakan pengguna lama, maka cara registrasi ulang kartu telkomsel menggunakan format SMS berikut:

Ketik ULANGNIK#Nomor KK#
Kirim ke 4444

Adapun contoh registrasi jika kamu adalah pengguna lama adalah ULANG3265254265419875#10987654321012345#.

2. Cara Registrasi Kartu Telkomsel Baru melalui Web Site Telkomsel

Registrasi kartu Telkomsel baru selanjutnya bisa menggunakan cara registrasi langsung melalui web site Telkomsel. Caranya, silahkan kamu kungjungi langsung situs https://www.telkomsel.com/. Jika kamu sudah berada di situs tersebut, selanjutnya silahkan pilih menu daftar ulang.

Nanti akan muncul form pengisian yang meminta kamu untuk mengisikannya dengan benar yang meliputi nama, nomor kartu keluarga, serta nomor KTP. Nah, silahkan isi semuanya dengan benar dan jika perlu kamu teliti lagi kebenarannya. Jika dirasa sudah benar, selanjutnya silahkan tekan tombol “OK”.

Selanjutnya akan muncul beberapa beberapa syarat dan ketentuan dari pengisian data tersebut. Tekan opsi ‘Setuju’ lalu kamu telah berhasil melakukan registrasi nomor telkomsel melalui website resmi Telkomsel.

Tidak terlalu sulit kan kedua cara registrasi kartu Telkomsel Online diatas. Selanjutnya, kami bisa menebak, kamu dipastikan akan lebih memilih cara pertama untuk melakukan registrasi kartu Telkomsel. Sebab cara yang pertama cenderung cepat dan tanpa biaya. Akan tetapi jika telepon genggam kamu dalam kondisi mati, maka kamu masih bisa menggunakan cara yang kedua yakni dengan melalui website resmi Telkomsel.

Baca : Terbaru Nomor Call Center Telkomsel 24 Jam 2020

Apa Keuntungan Registrasi Kartu Telkomsel?

Memberikan perlindungan kepada masyarakat pengguna jasa layanan telekomunikasi terhadap tindakan kejahatan dan aksi-aksi penyalahgunaan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab (kejahatan terorisme, penipuan, informasi spamming, kejahatan siber) dan sebagainya, sehingga masyarakat/pelanggan juga semakin nyaman dalam menggunakan jasa layanan telekomunikasi.

Kemudahan penyediaan layanan bagi pelanggan layanan telekomunikasi misalnya untuk transaksi online dan non tunai.

Data pelanggan tersebut dapat digunakan untuk kepentingan keuangan inklusif atau penyaluran dana atau bantuan pemerintah dan hal hal lain sejenisnya.

Apakah registrasi kartu Telkomsel ini berlaku untuk pelanggan baru saja?

Tidak. Registrasi kartu Telkomsel ini wajib diikuti oleh calon pelanggan/pelanggan baru dan pelanggan lama.

Cara mengecek apakah kartu sudah terdaftar?

Cara mengetahui nomor Telkomsel yang sudah terdaftar biasanya berlangsung paling lama 1×24 jam. Untuk mengetahui apakah registrasi berhasil dan nomor ponsel mana saja yang teregistrasi menggunakan NIK dan KK yang sama, bisa mengakses tautan berikut ini. Layanan cek nomor ini juga dapat digunakan untuk memastikan tidak ada nomor ponsel tak dikenali yang menggunakan NIK-nya. Apabila kamu menemukan NIK milik kamu ternyata telah digunakan oleh nomor ponsel selain nomor kamu, kamu bisa datang langsung ke gerai GraPARI untuk melakukan UNREG.

Pos terkait