Cara Cek Barang JNE Sudah Sampai atau Belum? Coba Cek Resi!

  • Whatsapp

Proses pengiriman barang dengan jasa ekspedisi JNE biasanya tidak sampai tepat sesuai yang diinginkan. Kadang pengiriman lebih awal tiba atau kadang pengiriman terlambat tiba. Untuk mengetahui di mana produk yang dibeli sebenarnya terdapat cara yang dapat dilakukan. Cara yang dimaksud adalah cara cek barang JNE sudah sampai atau belum atau yang dikenal dengan cek resi.

Keterlambatan dalam pengiriman barang adalah hal yang wajar. Untuk itu, melakukan cek kiriman JNE secara dapat dilakukan. Karena dari pengecekan inilah dapat diketahui kapan produk akan tiba di alamat tujuan. Lantas, bagaimana cara cek posisi barang tersebut? apakah JNE sediakan website tersendiri untuk melakukannya?

Mengapa Cara Cek Barang JNE Sudah Sampai atau Belum Penting?

Beberapa orang menyatakan bahwa melacak paket JNE dan posisinya bukanlah hal yang penting. Karena pada akhirnya barang tersebut akan sampai pula ke alamat tujuan. Namun ada kelompok yang menyatakan bahwa pelacakan posisi barang adalah hal yang penting. Karenanya, pencarian informasi terkait pelacakan posisi terus dilakukan secara berkala.

Kelompok ini menyatakan bahwa pelacakan dilakukan untuk berbagai alasan. Salah satunya untuk mengetahui apakah barang benar-benar telah dikirimkan oleh penjual (saat berbelanja online). Karenanya sebagai pembeli penting untuk memperhatikan posisi barang setelah pembayaran dilakukan. Dari sini pula dapat diketahui apakah barang akan terlambat tiba atau sebaliknya.

Alasan Keterlambatan Barang Tibaalasan keterlambatan barang tiba

Dalam pengiriman barang kendala barang belum tiba dapat terjadi. Hal ini disebabkan oleh beragam kendala, beberapa penyebabnya dapat ditemukan dibawah ini,

  1. Kerusakan Kendaraan

Hal yang dapat sebabkan keterlambatan pengiriman adalah kerusakan pada kendaraan. Kerusakan pada kendaraan tidak dapat diduga datangnya. Karenanya, bila kerusakan terjadi, ada baiknya bersabar sejenak dan menantikan barang. Anda dapat menanyakan keberadaan produk terlebih dahulu dan ketahui alasan mengapa barang belum tiba.

 

  1. Bencana Alam

Hal lain yang dapat menyebabkan keterlambatan pengiriman barang adalah bencana alam. Bencana alam dapat terjadi tanpa diduga, seperti banjir, kebakaran ataupun kecelakaan. Keadaan ini dapat terjadi tanpa disengaja dan diduga kehadirannya. Untuk itu, cek pengiriman JNE perlu dilakukan secara berkala. Tujuannya, agar barang dapat diketahui keberadaannya.

 

  1. Data Alamat Tidak Lengkap

Tidak hanya kesalahan pada pengiriman, ada kalanya masalah terjadi pada alamat yang diberikan. Alamat yang disampaikan kadang tidak lengkap, sehingga barang tidak dapat sampai ke alamat sesuai dengan waktu yang diinginkan. Jika hal ini terjadi, biasanya kurir akan menghubungi penerima untuk mengetahui alamat tujuan yang sebenarnya.

 

  1. Rumah Keadaan Kosong

Apakah sering meninggalkan rumah? Anda harus memperhatikan hal ini karena dapat menjadi alasan keterlambatan pengiriman barang. Rumah kosong tanpa adanya tetangga ataupun RT membuat barang tidak dapat diterima tepat pada waktunya. Jika demikian, biasanya barang akan dititipkan ke tetangga ataupun RT.

 

  1. Paket Hilang

Keadaan paket yang hilang adalah hal yang selalu diwanti-wanti oleh pembeli. Bila hal ini terjadi, maka pihak ekspedisi akan melakukan penggantian terhadap barang. Di sisi lain, JNE menyediakan layanan asuransi barang. Jadi, jika barang hilang, anda akan mendapatkan ganti rugi senilai harga barang dan tambahan biaya lainnya.

 

  1. Paket Tertukar

Anda pernah mengalami paket tertukar dengan alamat tujuan lain? hal ini dapat terjadi karena human error dari para pekerja. Untuk mengatasi masalah ini, pihak ekspedisi akan menukarkan kembali barang ke alamat tujuan. Untuk mengetahui apakah hal ini terjadi, sebaiknya lacak paket JNE dilakukan secara berkala.

 

  1. Paket Rusak

Terakhir, paket yang dikirimkan dapat terlambat karena paket mengalami kerusakan. Paket yang rusak biasanya terjadi karena terkena air atau masalah lainnya. Jika hal ini terjadi, JNE akan menghubungi pengirim barang. Serta menanyakan bagaimana penggantian barang atau ganti harus dilakukan. Umumnya barang digantikan dengan uang ataupun barang yang serupa.

Baca juga : Sicepat Surabaya, Layanan Tepat, Cepat dan Murah

Cara cek Barang JNE Sudah Sampai atau Belum Bagaimana Melakukannya?cara cek barang jne sudah sampai atau belum bagaimana melakukannya

Apakah anda belum mengetahui bagaimana cara melakukan pelacakan posisi barang dari JNE? Ada beberapa cara yang dapat dimanfaatkan untuk melakukannya, seperti dibawah ini,

  1. Gerai

Jika anda berada dekat gerai JNE, solusi terbaik adalah mendatangi gerai secara langsung. Gerai adalah tempat terbaik untuk melakukan lacak kiriman JNE dengan mudah. Dari sana pula dapat ditemukan di mana posisi barang dan kapan barang akan tiba. Jika barang telah tiba, tidak ada salahnya barang langsung dibawa pulang.

 

  1. Website JNE

Ada kalanya seorang pembeli tidak memiliki waktu untuk mengunjungi gerai dan menanyakan posisi barangnya. Jika hal ini anda alami, maka tindakan yang dapat diambil adalah menggunakan website. Website yang dimaksud adalah www.jne.co.id. Website ini dapat digunakan kapanpun dibutuhkan, walaupun pengecekan harus dilakukan di tengah malam sekalipun.

 

  1. Kantor Cabang

Hal lain yang dapat dimanfaatkan adalah mendatangi kantor cabang. Tidak jauh berbeda dengan gerai, anda dapat menanyakan posisi barang secara langsung. Jika dalam keadaan kosong, tidak perlu mengantri untuk menggunakan cara cek paket JNE. Namun untuk keperluan lain, seperti kebutuhan penggantian barang atau penggantian alamat harus dilakukan di CS.

 

  1. Website Cekresi.com

Tidak hanya website resmi JNE, anda dapat melakukan pelacakan dengan menggunakan website lain. Saat ini tersedia beberapa website yang dapat membantu melacak posisi barang, salah satunya cekresi.com. Anda akan diminta memasukkan no. resi JNE dan kode verifikasi. Setelahnya, posisi barang akan diketahui lengkap dengan perkiraan barang tiba.

 

  1. Website Cekaja.com

Pilihan lain adalah menggunakan cekaja.com. Cara kerja tidak berbeda dengan cekresi.com. Untuk memanfaatkannya hanya dibutuhkan beberapa menit. Namun pastikan bahwa koneksi internet yang digunakan stabil, sehingga posisi barang dapat diketahui dengan segera. Jika tidak ada koneksi, maka manfaatkan metode lain sebagai cara mengecek paket JNE.

 

  1. Customer Service

JNE tidak hanya menyediakan cabang di berbagai daerah. Namun JNE menyediakan beragam layanan memuaskan untuk pelanggan. Salah satunya dengan menghadirkan customer service. Layanan ini pula yang dapat dimanfaatkan untuk cara melacak kiriman JNE. Metode ini menjadi pilihan tepat untuk anda yang membutuhkan jawaban posisi barang dengan cepat.

 

  1. Aplikasi E-commerce

Cara terakhir adalah cara yang dapat dilakukan oleh pembeli barang dari e-commerce. Contohnya, anda membeli produk dari Shopee ataupun Tokopedia. Di aplikasi terdapat penjelasan terkait pengiriman barang sesuai dengan ekspedisi yang dipilih. Karenanya, cara cek paket JNE yang belum sampai melalui aplikasi e-commerce ini banyak dijadikan pilihan.

Banyak pilihan yang dapat dilakukan untuk melacak posisi barang. Namun anda disarankan untuk menggunakan cara cek barang JNE sudah sampai atau belum yang resmi. Dalam hal ini, melalui website JNE, aplikasi e-commerce atau mendatangi kantor. Karena cara-cara ini lebih aman dibandingkan cara lain yang membutuhkan data-data tertentu, sehingga proses pelacakan dapat dilakukan.

Pos terkait